Efektifitas Bekerja

Posted on

Ada artikel yang cukup mengejutkan tentang efektifitas dan budaya bekerja di beberapa negara. Di jerman, mereka bisa sangat produktif dengan jam kerja yang tidak begitu panjang. Lain cerita di negara kita, katanya lembur, tetapi kerjaan yang selesai juga ternyata tidak banyak. Menarik, bukan ? 

Ternyata, antara di jerman dan negera kita ada perbedaan definisi dari jam kerja. Di jerman, jam kerja artinya iya benar – benar bekerja. Semua aktifitas terfokus pada kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan. Nah, di negara kita. Jam kerja artinya bisa beraneka ragam.  Contoh: 8 waktu kerja. Mungkin hanya efektif sekitar 3 jam, karena sisa waktu lainnya habis untuk kegiatan yang tidak berhubungan dengan pekerjaannya.

Saya rasakan langsung dari hasil pengamatan tim kerja di lapangan. Rata – rata, mereka tim operasional lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain facebook, dan youtube daripada perkerjaan mereka. Al hasil, produktifitas lemah. Sehari – hari, terlihat seperti sibuk.

Padahal tidak banyak hasil dari pekerjaan yang sudah di kerjakan. Nah, coba deh, definisikan kembali arti dari jam kerja kalian. Jika dalam keseharian, kesibukan kerja memaksa untuk terus overtime, boleh jadi ada yang salah dengan efektifitas dalam pengaturan waktu kerja.

 

ThE IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s