Skill Komunikasi Tidak Penting ?

Posted on Updated on

Dalam bisnis, skill komunikasi mempunyai posisi yang cukup penting, terutama jika aktifitas yg di lakukan bukan pada domain teknikal. Berhubungan dengan banyak orang, untuk mencapai kesepakatan membutuhkan kemampuan komunikasi. Saya punya partner kerja yang berlokasi di prancis. Orang ini berposisi sebagai business area APAC (Asia Pasific). Kewarganegaraannya adalah india. Jangan tanya soal kemampuan bahasa inggrisnya. 

Karena seperti yang kita ketahui bersama, mayoritas orang india yang educated well jago berbahasa inggris. Uniknya orang ini, selain pandai berbahasa english, dia pandai berbahasa mandarin dan bahasa prancis. Dia sadar betul, bahasa adalah jembatan komunikasi. Kemampuan untuk menguasai banyak bahasa akan mengantarkannya pada banyak kesepakatan dengan banyak orang.

Walaupun sebetulnya bahasa inggris saat ini sudah cukup mewakili. Akan tetapi, berbicara dengan seseorang menggunakan bahasa yang sama akan membuat kedekatan secara personal tersendiri. Ikatan emosional yang terbangun akan berdampak pada keberhasilan kesepatakan dalam bisnis.

Di era globalisasi, dengan interaksi yang beraneka ragam dari berbagai negera. Rasa – rasanya mengusai bahasa inggris sudah sangat mandatory alias wajib. Berharap tidak ada lagi ruang untuk menciptakan kesalahpahaman, jika bahasa yang di gunakan bisa di pahami baik antara satu dengan yang laiinya.

 

ThE IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s