Mengatur Prioritas Hidup

Posted on Updated on

Adakalanya kita di hadapkan dalam kondisi pada berbagai permasalah dan pilihan. Tetapi, di sisi lain kita tidak memilika banyak waktu untuk menyelesaikan semua itu. Nah, pada posisi seperti ini, hal yang bisa kita lakukan adalah mengatur/memberikan prioritas pada setiap permasalah/kegiatan yang sedang di kerjakan/selesaikan. Boleh jadi kita tidak menyelesaikan semua masalahnya, tetapi setidaknya akan membantu mengurainya.

Kita tidak akan mampu menyelesaiakan semua aktifitas/pekerjaan dalam hidup, karena ada satu keterbatasan semesta yang tidak bisa di lampai oleh semua makhluk hidup yaitu dimensi waktu. Itu sebabnya, dibutuhkan kecermatan dalam memberi prioritas terhadap aktifitas kita. Jangan sampai, karena di kerjakan secara simultan dan tanpa prioritas, semua aktifitas yang dilakukan berakhir tanpa ada yang selesai satu pun.

Mengenai prioritas, kita bisa membaginya menjadi empat bagian :

  1. Penting(important) dan Mendesak (urgent)
  2. Penting dan tidak mendesak
  3. Tidak penting dan mendesak
  4. Tidak penting dan tidak mendesak

Kategori tersebut di sesuaikan terhadap ketersedian waktu. Karena boleh jadi, kita selama ini lebih di sibuk kan oleh perihal yang sifatnya tidak penting dan tidak mendesak. Dan pada akhirnya, perihal yang penting dan mendesak menjadi terabaikan. Al hasil, aktifitas kita menjad tidak karuan alias kacau badai.

Contoh : Ada dua aktifitas, 1) berkumpul bersama teman, 2) Pergi kerja/kuliah. #1 berkumpul bersama teman termasuk kegiatan yang bisa di lakukan kapan saja. Nah, ini kita masukan ke dalam kategori penting dan tidak mendesak. Sedangkan #2 pergi kuliah/kerja, kegiatan yang dilakukan pada jadwal tertentu. sehingga, kita masukan ke dalam kategori penting dan mendesak. Setelah itu, kita harus berdisplin diri dalam mengeksekusi aktifitas sesuai dengan prioritas yang telah di berikan.

Pembagian prioritas bisa di lakukan secara berkala dalam durasi satu minggu. Silahkan di coba semoga ini dapat membantu kita fokus dalam menyelesaikan aktifitas/permasalahan yang sedang di hadapi

ThE IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s