Momen Wisuda

Posted on

Bagi sebagian orang momen wisuda merupakan sarana untuk mengekspresikan diri dan melepas penat. Berjibaku dalam menuntut ilmu memang membutuhkan stamina extra. Selain tenaga, ada juga waktu yang di korbankan. Bagi saya, proses menuntut ilmu adalah kenikmatan tersendiri. Al hasil, saya tidak pernah merasa kuliah sebagai beban. Menikmati tahap demi tahap dalam menghimpun ilmu, amatlah menyenangkan.

Wisuda hanya sebatas ajang seremony untuk foto bersama keluarga. Tidak lebih dari itu. Hal yang harus di pahami adalah wisuda bukan tujuan akhir dari proses pembelajaran. Begitu juga dengan gelar. Menggali lebih dalam keilmuwan yang di pelajari ketika kuliah merupakan subtansi dari pembelajaran. Nah, justru yang harus di pikirkan adalah bagaimana sebisa mungkin kita membuktikan gelar akademik dengan karya nyata kita.

Pertanggung jawaban itu yang harus menjadi fokus setelah di wisuda. Sumbangsih apa yang bisa di berikan sebagai wujud pertanggung jawaban atas gelar akademik yang tersemat dalam kita. Tidak ada istilah tua bagi sang pembelajar.
Salam pembelajar

tHe IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s