Tukang Reparasi Jam

Posted on Updated on

Fungsi dari jam memang sudah berdiaspora. Saat ini, jam sudah menjadi bagian dari fashion dan lifestyle. Jadi, tidak hanya sebagai penunjuk waktu. Pergeseran ini membuat harga dari jam menjadi bervariasi. Walaupun secara tampilan sama, kita bisa mendapati  perbedaan harga yang sangat mencolok. Perbedaan terjadi di karenakan kualitas barang. Semakin murah harga suatu jam, semakin jelek juga kualitasnya. Saya juga tidak tahu pasti. Pergeseran fungsi ini, apakah berkah atau bencana bagi tukang reparasi jam ?

Jika melihat dari sisi biaya, mungkin tidak terlalu ada perbedaan yang jauh antara service dan harga jam kw. Sebagian pelanggan akan memilih untuk membeli jam yang baru, jika di hadapkan pada posisi seperti ini. Dalam pengamatan sekilas saya, keuntungan yang lumayan dari tukang reparasi jam ada pada pergantian batu jam. Modal bateria jam yang seharga Rp 5000, bisa di jual dengan harga Rp 15.000 sekaligus pemasangan.

Akan tetapi, saya yakin kuantitas pergantian baterai jam per hari tidaklah banyak. Secara technical, tukang jam reparasi pinggir jalan cukup baik berdasarkan pengalaman saya ketika mengganti baterai. Sebelum mengganti bateri jam, Dia memastikan terlebih dahulu mesin masih berfungsi dengan baik. Awalnya saya sempat ragu. Akan tetapi, melihat cara dia berkerja saya menjad yakin. menurut saya, toko besar di dalam mall tidak menjadi jaminan kualitas service.

Jpeg
Jpeg

tHe IoF

Leave a Reply

