Online Shop Sebagai Pembanding Dan Referensi Harga

Posted on Updated on

Kesulitan dalam tawar menawar harga, bukanlah kendala di era keberlimpahan informasi saat ini. Kita bisa mengetahui harga jual dari barang yang di inginkan dengan hanya menggerakan telunjuk “klik”. Apalagi saat ini sudah banyak marketplace bermunculan. Hanya cukup menuliskan jenis/model barang yang kita inginkan. Maka selanjutnya, barang tersebut akan bermunculan dengan harga yang bervariasi.

Belajar dari pengalaman ketika berbelanja kacamata kemaren. Penjual toko offline menawarkan harga yang sangat mahal menurut saya. Dia mengambil margin keuntungan lebih dari 100 %. Kenapa saya bisa tahu ? Iya, karena sebelumnya saya sudah mensurvei harga di online shop untuk mendapatkan referensi dan pembanding harga.

Saya mafhum, penjual offline menjual harga awal yang cukup tinggi, karena tawar menawar sudah menjadi budaya. Dan biasanya, metode menawar setengah harga menjadi rahasia umum yang di gunakan terlebih dahulu. Nah, repotnya jika kita tidak memiliki kemampuan menawar harga.

Si penjual offline akan mendapatkan keuntungan yang berlimpah ruah dari kita. Dan sebagai pembeli, kita akan mengeluarkan lebih banyak budget dari yang seharusnya. Coba bayangkan. Apabila harga jual di pasaran sudah di ketahui sebelumnya. Maka, akan lebih mudah bagi kita untuk menawar dengan harga yang pantas .

Jadi, kesimpulan sederhana dari saya. Jika kita ingin membeli di toko offline dengan harga yang bisa di tawar. Lakukan lah survei secara kecil – kecilan harga barang tersebut di online shop Terlebih dahulu. Sehingga, setidaknya kita bisa tahu harga pasaran barang yang kita inginkan tersebut. Lakukan perbandingan pada beberapa online shop, jangan hanya pada satu online shop. Dengan begitu, kita bisa berhemat dan mengurangi pengeluaran dari yang tidak seharusnya.

Note : Dalam jual beli, bukanlah sesuatu yang terlarang mendapatkan keuntungan yang besar bagi penjual. Tulisan sederhana ini, hanya sudut pandang saya sebagai pembeli berbudget “pas2an” hehe😀

ThE IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s