Implementasi Aplikasi KSP Di Pandeglang

Posted on Updated on

Ada cerita menarik dalam proses implementasi aplikasi KSP di pandeglang beberapa pekan belakangan ini. Pada umumnya, proses pengolahan untuk transaksi pada koperasi – koperasi di Pandeglang masih di lakukan secara manual. Tentu saja, model proses pencatatan seperti ini sangat rentan.

Apabila  dilakukan secara manual dan konvensional kesalahan demi kesalahan rentan timbul ketika pencatatan transaksi, belum lagi dalam pengolahan data. Al hasil, keuangan koperasi akan berantakan dan merugikan banyak pihak. Pengurus koperasi yang akhirnya kewalahan, karena mereka harus bertanggung jawab kepada anggota koperasi.

Jika tetiba di akhir tahun ada kekurangan(minus) pada saldo, yang besar kemungkinan di sebabkan oleh transaksi – transaksi yang tidak tercatat. Dampak buruk lainnya, para anggota bisa tidak percaya dan menarik uang simpanan mereka. Jika ini sudah terjadi, kerugian – kerugian lainnya akan menyusul kemudian

Agar bisa mereduksi kesalahan – kesalahan dalam pencatatan transaksi dan pengolahan laporan adalah sebab dan alasan solusi ini di tawarkan. Proses pengolahan yang lebih profesional dengan support teknologi akan membantu kredibilitas pengurus dihadapan anggota

Akan tetapi, proses migrasi dari pencatatan secara konvensional menjadi berbasis komputer tidak lah mudah. Kendala SDM yang bertugas sebagai operasional harian menjadi masalah utama. Ini sangat bisa dirasakan ketika saya mengisi pelatihan. Mereka seperti harus terus meraba – raba dalam memahami proses kerja dan penggunaan aplikasi ini.

Sehingga, saya harus mengulang – ngulang materi yang sudah pernah di sampaikan. Cukup menguras tenaga memang, tetapi saya cukup puas. Karena pada akhirnya, mereka bisa mengerti, memahami cara penggunaanya dan merasakan manfaat dari aplikasi ini.

Di akhir sesi pelatihan, tim operasional koperasi berkata “iya, mudah banget dan sangat membantu yah”. Pekerjaan membuat laporan keuangan yang biasanya membutuhkan waktu beberapa hari, bisa mereka selesaikan dengan “klik” setelah menggunakan aplikasi ini.

Senang rasanya bisa bantu memberikan solusi yang lebih baik bagi bisnis mereka. Teknologi memang di ciptakan untuk memudahkan kehidupan kita. Bagi yang tertarik untuk aplikasi koperasi simpan pinjam, silahkan hubungi di email arkannr@gmail.com

ThE IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s