Membuat Sendiri (Tesis)

Posted on Updated on

Terjadi pembicaraan di antara para pejuang tesis pada sudut ruang perpustakaan. Mulai dari pembicaraan progress pengerjaan, sampai prosesnya. Ternyata, banyak kawan – kawan yang menggunakan jasa orang lain dalam membuat karya tugas akhirnya. Mereka berdalih atas nama kesibukan. Pada umumnya, mahasiswa pasca sarjana memang para pekerja. Waktu yang mereka milik telah banyak berkurang oleh aktifitas pekerjannya.

Karena gelar merupakan prioritas utama bagi mereka. Tidak penting seberapa banyak ilmu yang terserap. ah, sungguh sedih rasanya mengetahui hal ini. Bahkan, ketika mendengar saya mengerjakan tugas ini sepenuhnya, seorang kawan berseloroh, “Rajin banget kamu”. dia terkaget – kaget, mengapa saya harus menghabiskan waktu untuk mengerjakannya, padahal bisa membayar orang lain untuk melakukannya.

Inilah perbedaan di antara kami. Bagi mereka saya menghabiskan waktu. Padahal saya mengejar substansi dari perkuliahan. Tesis merupakan bagian dari pertanggungjawaban dari apa yang sudah di dapatkan di kelas selama perkuliahan. Mengerjakannya sendiri, sama halnya dengan menyempurnakan ikhtiar dalam menyempurnakan amal (tholabul ilm).

Saya melihat, justru mereka yang telah menghabiskan waktu dan uangnya secara sia – sia. Mereka telah menghabiskan waktu 1,5 tahun untuk kuliah tanpa menyerap ilmu yang bermanfaat. Orientasi gelar telah menghilangkan dengan mudah semua ilmu yang pernah singgah.

Gelar mungkin bisa menolong kita untuk memasuki/mendapat pekerjaan yang lebih baik. Tetapi gelar tidak bisa menolong kita untuk mendapat kedudukan dan kehidupan yang lebih baik. Gelar berbicara jangka pendek, tetapi ilmu akan bercerita jangka panjang, karena gelar tidak akan pernah sama dengan kapasitas(Read : Ilmu).

The IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s