Mengantisipasi Lebih Mudah Dari Pada Memperbaiki

Posted on

Kita mengenal pribahasa sedia payung sebelum hujan sejak kecil. Jika di cermati lebih mendalam. Makna tersirat dari pribahasa terebut adalah langkah antisipasi. makna sederhana mengatakan, jangan biarkan hujan menghambat aktifitas, Jangan biarkan hujan mengambil waktu, dan masih banyak makna sejenis lain nya. Oleh karena itu, sediakanlah payung untuk mengantisipasinya.

Karena mengantisipasi masalah selalu lebih mudah di lakukan dari pada memperbaiki kerusakan. Seorang kawan pernah bercerita. Pada saat ketika dia sedang mengerjakan tugas akhir alias skripsi. Dia mengalami kejadian tidak terduga yang merusak rencana kelulusannya. Rentang waktu tersisa yang tidak begitu lama memaksanya untuk memforsis diri dan laptopnya.

Laptop tersebut menyala siang dan malam. Sehingga, akhirnya karena satu dan lain hal. laptop tersebut mengalami kerusakan pada hardisknya. Untung tak dapat diraih, malang tak dapat di tolak. Dia belum memback up semua data dari pekerjaan skripsinya. Al hasil, dia harus memulai kembali dari awal pekerjaan yang sudah hampur di selesaikannya. Hikmah yang di dapat dari peristiwa tersebut.

Jangan pernah menyimpan data – data penting kita di satu tempat. Lakukanlah back up data, lakukanlah langkah antisipasi.  Apalagi saat ini sudah banyak tersedia jasa penyimpanan cloud secara gratis. Manfaatkanlah teknologi. Saat ini, Saya juga selalu memback up data penting di beberapa tempat.

ThE IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s