Cara Sederhana Memahami Jurnal

Posted on Updated on

Pada umumnya kita memerlukan jurnal sebagai bahan landasan teori dari penelitian. Akan tetapi, biasanya ada kesulitan- kesulitan yang timbul ketika kita baru membaca literasi di dalam jurnal. Ada teori – teori baru yang mungkin kita tidak tahu sebelumnya. Tidak semua jurnal bisa memberikan penjelesan secara mendetail. Nah, bagaimana cara menyikapi hal tersebut ? Setelah saya telusuri dengan metode tertentu (gaya banget :p)

Sederhananya seperti ini. Sebuah jurnal di bangun dan bersumber dari jurnal – jurnal lainnya. Sebuah teori dari penelitian, dibangun berdasarkan penelitian – penelitian lainnya. Dan di dalam penelitian ada kaidah bahwa setiap kutipan teori yang di gunakan harus mencamtumkan sumbernya. Tujuannya adalah menghindari plagiat dan bagian dari bentuk respek kita terhadap karya orang lain.

Jadi, jika kita bingung terhadap suatu teori dari jurnal yang mau kita gunakan. Lihat saja pada daftar pustakanya, cari sumber dari teori yang kita butuhkan berdasarkan judul sumbernya. setelah itu, cari judul kita bisa googling. Biasanya ada beberapa jurnal terkait yang di gunakan sebagai landasan teori.  explore.. explore terus… read more, get more..

ThE IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s