Momentum Produktifitas (Ramadhan)

Posted on Updated on

Bulan ramadhan adalah momentum untuk meningkatkan produktifitas bagi seorang muslim. Hasrat untuk beribadah mahdhoh, maupun ghiaru mahdhoh sudah semestinya berlapis – lapis dari sebelumnya. Karena ketika kita berpuasa di bulan ramadhan sejatinya tidak ada pola yang berubah, kecuali hanya pola ibadah saja.

Ada perintah yang wajib untuk di lakukan satu bulan penuh ketika bulan ramadhan yaitu berpuasa/shiyam. sebagaimana yang tertulis dalam surat Al Baqarah ayat 183 Allah SWT berfirman;

“Ya ayyuhal ladzina amanu, kutiba alaikumus shiam, kama kutiba allaladzina min qoblikum laalakum tataqun…” yang artinya; wahai orang-orang yang beriman diwajibkan kepada kamu untuk berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan pula kepada orang-orang beriman sebelum kamu supaya kamu menjadi takwa.

Ketika berpuasa kita di larang untuk melakukan beberapa hal, di antaranya makan dan minum. Tentu saja, masih ada beberapa hal lain yang di larang untuk di lakukan pada bulan ini. Tetapi saya akan hanya menyorot pada kedua hal tersebut yaitu makan dan minum. Seperti yang umumnya di ketahui, tubuh kita memerlukan makanan dan minuman yang akan di olah menjadi asupan energi.

Dari hasil pengelohan metabolisme itu, kita mendapatkan energi untuk beraktifitas. Lantas, apakah dengan berpuasa kita kemudian tidak memiliki energi ? tentu saja tidak. Karena larangan untuk makan dan minum ketika berpuasa hanya di lakukan dalam durasi tertentu. Itu sebabnya, begitu banyak keberkahan mengakhirkan santap makanan di waktu sahur, dan keutamaan berbuka puasa di awal waktu dengan secepatnya.

Puasa memberikan dampak secara positive psikologis bagi jiwa dan fisik bagi tubuh. Puasa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan juga melambat, uniknya menurut penelitian ternyata pikiran yang melambat ini membuatnya justru bekerja lebih tajam. Selain itu ditinjau dari segi insting, masalah rasa lapar adalah masalah kelanjutan hidup sehingga wajar jika rasa lapar memaksa kita untuk berpikiran lebih tajam dan kreatif.

Dampak positif lainnya, ketika seorang berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit sampai dengan 10 kali lipat dalam tubuhnya, hal ini memberikan pengaruh yang besar terhadap sistem imunitas tubuh, sehingga puasa justru menghindarkan kita dari berbagai virus dari lingkungan luar/makanant yang tidak baik. Dan, masih banyak beberapa manfaat lainnya.

Berangkat dari berbagai aspek positive yang di dapatkan ketika berpuasa. Maka, bukanlah menjadi suatu yang berlebihan jika kita menjadi bulan ramadhan menjadi momentum produktifitas. Mari berkaca kepada para salafus sholeh, mereka berhasil mengukir sejarah kegemilangan islam yaitu kemenangan perang badr dan futuh mekah yang terjadi pada bulan ramadhan.

Dalam islam kita mengenal 4 bulan haram yaitu :Muharram, Rajab, Zulkaidah, dan Zulhijjah. Ini telah di sepakati oleh ulama sebagaimana dinyatakan oleh Imam Nawawi dalam Syarah Muslim. Keempat bulan ini merupakan bulan dimana di dalamnya di haramkan untuk melakukan peperangan.

Sisi menariknya adalah bulan ramadhan tidak termasuk ke dalam 4 bulan haram yang artinya tidak ada larangan berperang pada bulan ramadhan. Walaupun ada kewajiban berpuasa pada bulan ramadhan.

Logika akal mengatakan ketika berpuasa badan akan menjadi lemas, maka semangat berperang kendur. Tetapi logika iman berkata lain. Justru ketika berpuasa kekuatan mental dan ketinggian ruhiyah melipat gandakan kekuatan fisik. Para salafus sholeh telah membuktikan logika iman dengan kemenangan yg di raih pada perang badar dan futh makkah.

So, mari kita gemakan keindahaan alunan quran, berdiri untuk menghambakan diri di waktu malam dan bekerja dengan penuh semangat di siang hari pada bulan ramadhan

Memiliki partner untuk saling menasehati dalam ber amar ma’ruf bisa menjadi upaya yang efektif untuk menjaga agar produktifitas di bulan ramadhan bisa terjaga.

The IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s