Practice Makes Perfect

Posted on Updated on

Kita sering menemukan quotes “Practice Makes Perfect” dalam buku tulis. Dahulu saya tidak begitu memahami subtansi, kenapa quotes tersebut selalu di lampirkan di setiap lembar pada halaman terbawah. Padahal Quotes tersebut sarat makna. Setiap lembaran baru yang terbuka artinya  ada goresan ilmu baru yang tertulis, ada perulangan kata – kata yang terangkai, ada penajaman kemampuan yang terasah.

Perulangan aktifitas yang di lakukan seseorang akan melekat menjadi keahliannya. Ini rahasia umum tentang keahlian. Tidak ada keahlian yang mudah di dapatkan. Jatuh bangun dalam menggapainya menjadi suatu hal yang biasa. layaknya kemampuan berjalan. Bagi seorang bayi berjalan amat lah terasa sulit tetapi tidak berlaku untuk seorang balita. Letak pembeda antara bayi dan balita dalam kemampuan berjalan hanya pada durasi waktu berlatih dalam berjalannya.

Apa itu juga berlaku untuk keahlian lainnya ? iya, beberapa penelitian mengatakan seperti itu (https://arkannurrobby.wordpress.com/2012/04/28/rahasia-menuju-keahlian-level-duniahukum-10-ribu-jam/)

ThE IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s