Membaca Dapat Mengkayakan Akal

Posted on Updated on

Membaca dapat mengkayakan kosakata. Bagi para pembelajar, membaca sangat membantu dalam menarasikan ide. Seringkali para pembelajar seperti saya kesulitan mencari kata yang “pas” ketika menuangkan ide segar yang terlintas ke dalam sebuah wadah dalam bentuk tulisan. Al hasil, kosa kata yang sama terpakai berulang – ulang. Tentu saja, cita rasa tulisan tersebut menjadi kurang sedap. Pembaca selalu ingin menemukan padanan kata yang segar dari setiap kumpulan huruf yang tersaji.

Itu sebabnya, para pembelajar harus banyak membaca dan menelaah lebih dalam karya – karya penulis kondang. Ada kisah dari salah seorang penulis ternama. Dia seorang motivator psikologis terapan. Dia seorang ustadz yang paham benar ilmu syariat. Dia seorang yang bisa mempadukan psikologis terapan dalam kacamata syariat. Orang mengenalnya dengan sebutan sang gelombang.

Seseorang pernah menemukan kumpulan buku sastrawan dan pemikir “kiri” di dalam mobil sang gelombang. Tentu saja, secara ideologis sastrawan tersebut bertolak belakang dengan sang gelombang. Ketika seseorang menanyakan perihal tersebut. Sang gelombang bertutur “Saya hanya ingin sekedar mengkayakan kemampuan sastra dari banyak orang, walaupun secara ideologis berbeda ”

Ali bin Thalib RA berkata “Lihatlah apa yang di katakan, bukan siapa yang mengatakan” ini kaidah umum dalam mencari ilmu. Janganlah kita mengkerdirkan ilmu pengetahuan hanya karena ketidaksamaan dalam pola pandang satu hal. Janganlah kita memangkas ilmu pengetahuan dengan cara membatasi sumber mata air pengetahuannya

Ilmu pengetahuan begitu dalam untuk di selami. Mari, buka cakrawala berpikir dengan membaca.

ThE IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s