Hobi Baca Buku Atau Beli Buku ?

Posted on Updated on

Seperti yang kita ketahui, ilmu pengetahuan merupakan kunci untuk bisa membuka gerbang dunia. Untuk bisa meraih manisnya ilmu, para pencarinya harus rela bersusah payah dengan peluh keringat, merelakan waktu berharganya, bahkan tidak sedikit pula mengeluarkan harta yang di miliki dalam proses mempelajarinya.

Akan tetapi, semua pengorbanan yang diberikan akan terbayarkan tuntas kelak. Karena illmu pengetahuan akan memuliakan para pencarinya. Lihatlah Para ulama(orang – orang berilmu), mereka di cintai dan hormati karena ilmu yang di milikinya.

Salah satu cara menjaring dan memiliki ilmu adalah dengan membaca. Aktifitas yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian ini merupakan salah satu caranya. Untuk mengakomodir aktifitas ini, kita membutuhkan buku sebagai sarananya.

Para pencari ilmu biasanya dekat dengan buku. Namun dalam hal ini, para pencari ilmu kita bisa bedakan menjadi dua yaitu Hobi baca atau beli buku.  Jika di cermati secara umum kedua jenis para pencari ilmu tersebut memiliki semangat yang sama. Mereka memiliki keinginan untuk dekat dengan sumber pengetahuan yang tertulis dalam lembaran buku.

Akan tetapi, ada substansi yang berbeda. Mereka yang hobi membeli buku memiliki keinginan untuk membeli sebanyak mungkin dan menambah koleksi selengkap mungkin. Tetapi secara realitas, tidak ada buku yang benar – benar di baca dan selesaikan secara tuntas.

Jadi, begini ilustrasi sederhana ya, jika kita dalam sebulan membeli tiga jenis buku, namun tidak ada satu bukupun yang di selesaikan secara tuntas. Nah, boleh jadi kita baru masuk ke dalam kategori Hobi beli buku.

Ada semangat yang berbeda untuk mereka yang hobi membaca buku. Mereka punya semangat untuk menghabiskan buku secara tuntas dengan target rentang waktu tertentu. Walaupun mungkin secara pribadi tidak memiliki koleksi selengkap dengan mereka yang hobi membeli buku, para penikmat buku sejati tetap bisa menghabiskan banyak buku secara berkala.

Jadi, jika kita mempunyai semangat membaca dan mengupas habis buku secara berkala. Nah, Boleh jadi kita sudah masuk dalam kategori hobi baca buku.

Mereka yang hobi baca buku dan hobi beli buku, sejatinya akan memiliki kapasitas diri yang berbeda. Keunggulan diri akan berpihak kepada mereka yang hobi baca buku. Walaupun seolah – olah berkutat pada
perihal yang sama yaitu dekat dengan sumber ilmu pengetahuan.

Mari jujur, sebetulnya kita masuk dalam kategorti yang mana ?

ThE IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s