Hidup Untuk Tidur Atau Tidur Untuk hidup

Posted on Updated on

Tubuh yang lelah dan otot yang tegang setelah beraktifitas, punya hak untuk di istirahatkan dan di luruskan kembali. Dan, salah satu cara mengembalikan kebugaran tubuh yang lelah setelah beraktifitas adalah dengan beristirahat(tidur). Karena tubuh punya mekanisme penyembuhannya tersendiri. Perlu di sadari, bahwa perbaikan jaringan jaringan sel yg rusak dalam tubuh dilakukan di kala kita sedang tidur

Jantung tetap berdetak untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh dan metabolisme tetap bekerja untuk mengolah energi yang di perlukan tubuh, ketika kita sedang tidur. Organ – organ dalam tubuh tetap bekerja, meskipun aktifitas secara fisik tidak.

Tidur menjadi kebutuhan tersendiri bagi tubuh kita. Signal berupa rasa kantuk akan di kirimkan oleh tubuh kita, apabila tubuh kita memohon agar kita segera menidurkannya. Kualitas tidur yang baik bisa memperbaiki kehidupan seseorang, karena kualitas fisik, mental, dan emosional bisa di pengaruhi oleh baik/tidaknya kualitas tidur sesrorang menurut buku “tubuh anda adalah dokter yang terbaik”

Namun, kita juga banyak menemui  orang yang sebagian hidupnya banyak di habiskan untuk tidur. Contoh : tidur malam 6 jam + tidur siang hari 2 jam. Bisa di katakan dalam sehari, 1/3 hidupnya di gunakan untuk tidur. Padahal, kualitas tidur itu tidak di tentukan oleh durasi waktu tidurnya menurut Dr. Husen

Jadi, dengan pola waktu tidur seperti itu, jika seseorang hidup selama 60 tahun, maka 20 tahun dari kehidupannya di pakai untuk tidur. Wow, Ini sama halnya seperti mayat yang berjalan(zombie). Dan tentu saja akan berdampak pada kualitas dan menggangu produktifitas dari kehidupan itu sendiri. Karena tidak ada karya besar yang bisa dilakukan ketika sedang tidur.

Mari kita renungkan, selama ini apa yang sudah kita pilih(lakukan). Hidup untuk tidur atau tidur untuk hidup.

The IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s