Sales Dengan Style Preman

Posted on Updated on

Sales sejatinya profesi yang bertugas menjadi ujung tombak sebuah perusahaan. Sebagai pemegang peran yang merepresentasikan perusahaan, seorang sales harus memberikan kesan sebaik mungkin kepada target pelanggannya.

Meninggalkan bekas kesan yang baik setidaknya harus menjadi target minimal, meskipun pelanggan menolak barang/jasa yang di tawarkan oleh si sales.

Beberapa waktu yang lalu saya pernah mengalami pengalaman menarik dari salah seorang sales kartu kredit bank perusahaan swasta terbesar di Indonesia. Dia menawarkan kartu kredit dengan style preman kepada saya. Tetiba sales tersebut mendatangi saya, sambil meminta KTP milik saya.

“Ayo pak daftar, mudah kok prosesnya. MANA KTPnya ? biar saya bantu buatkan kredit carnya ?” ujar sales tersebut. Beberapa waktu berselang, “mana KTPnya, pak ? sini biar cepat prosesnya ? ujar sales kedua kalinya.

Jujur saja ini cukup mengganggu. Tidak ada senyum sedikitpun yang terlintas dankesan memaksa cukup dominan dari sales tersebut. Tentu saja saya cukup terkaget, bank swasta tersebut merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia.  Dan bank besar seperti itu, sudah pasti memiliki SOP tersendiri dalam menjerat calon pelangganya.

Nah, Apakah sales tersebut tidak mendapat training atau lemahnya supervisi lapangan ? Saya tidak tahu di mana letak kesalahan ini berasal ?

Akan tetapi, bagaimanapun sales merupakan ujung tombak perusahaan. Kesan yang baik harus menonjol. Karena rasa percaya dan kenyaman harus di tawarkan dan di dapat terlebih dahulu, sebelum seseorang membeli service/barang perusaahaan anda.

ThE IoF

Leave a Reply

