Membangun Reputasi Diri Lewat Blog

Posted on Updated on

Entah mengapa selalu ada perasaan bahagia yang muncul setelah aktifitas menulis selesai. Bagi saya menulis hanya sebagai pelampiasan kata yang tak terucap. Mengukir kata demi kata menjadi kalimat  merupakan kebahagiaan tersendiri buat saya.

Teringat dengan perkataan seorang kawan yang juga seorang penulis profesional “Jika ingin bisa menulis, maka mulai dan tuliskanlah saja apa yang ada dalam benakmu”. Dan pada umumnya untuk menjadi seorang penulis professional biasanya sudah menghabiskan puluhan ribu jam bergelut dengan rangkaian kata.

Itu sebabnya, untuk meningkatkan kemampuan menulis, saya berupaya untuk konsisten dan aktif kembali menulis di blog yang sederhana ini. Karena seorang amatiran seperti saya membutuhkan banyak sekali jam terbang untuk melatih kemampuan menulis. Saya  berharap, tulisan sederhana yang di buat dapat bermanfaat bagi orang lain.

Beberapa manfaat yang kita dapat dari menulis di blog.

  • Sarana latihan menulis.

Ini berlaku untuk seorang amatiran seperti saya. Ketika saya menulis dan mempublikasinya, ada orang lain yang ikut membaca dan mengkoreksinya. Hal Ini sangat penting bagi seorang amatiran seperti saya.

  • Membangun Reputasi Diri

Saya membaca blog seorang konsultan IT hebat asal Indonesia. Dia menuliskan “ Blog adalah karir saya”. Dia menceritakan bahwa banyak orang yang mengundang beliau mengisi seminar dan mengajar di kampus. Padahal beliau tidak pernah melamar dan mengajukan diri sebelumnya. hal ini bisa terjadi dikarenakan, banyak orang mengenalnya melalui tulisan dan materi yang beliau share di blog pribadinya.

  • Menambah Pundi-Pundi Penghasilan

Bukan rahasia umum lagi jika menulis di blog bisa menghasilkan uang yang cukup menggiurkan. Ada sebuah blog yang punya penghasilan cukup tinggi dari iklan. Walaupun isinya kebanyakan berupa copy artikel dari berita lain. Karena semakin banyak hit/ pengunjung pada blog kita, maka akan semakin banyak pula advertiser yang ingin menaruhkan iklannya.

Selain manfaat untuk diri kita sendiri. Tulisan di blog yang kita buat pun dapat bermanfaat buat orang lain. Ada hikmah yang mungkin sederhana buat kita, tetapi solusi yang efektif untuk orang lain.

Di era keterbukaan informasi teknologi sekarang ini. Tenologi internet sudah layak “candu” bagi kita. Hampir setiap orang mengakses internet setiap hari. Oleh karenanya, membangun reputasi diri secara bertahap melalui blog merupakan salah satu cara yang efektif untuk di lakukan.

Tulis, dan sebarkan lah hikmah. Moga tulisan sederhana di blog kita bisa menjadi salah satu sarana kebaikan.

tHe iOf

Leave a Reply

