Speak In English

Posted on Updated on

Pengalaman interview di beberapa perusahaan multinasional membawa pelajaran tersendiri buat saya. Ternyata, memiliki kemampuan menulis in English tidak serta merta akan membuat kita memiliki keahlian speak in English. Awalnya saya cukup percaya diri dengan kemampuan saya dalam bahasa English.

Karena aktifitas sehari – hari hampir selalu menggunakan bahasa inggris  dalam komunikasi via email. Tetapi ternyata, ada kesulitan yang berbeda ketika kita speak in English. Kita akan menemukan beberapa kesulitan yang tidak kita temukan ketika write in English, Jeda – jeda yang panjang dalam memikirkan kosakata yang tepat, membuat percakapan formal dalam interview akan membuat performa kita menjadi kurang maksimal. “Kegagapan” yang muncul ketika proses interview tentu saja dapat mengikis habis kepercayaan diri kita.

Ketika berkomunikasi in English. Kemampuan berbicara,melafazkan dan kemampuan mendengar, memahami dengan baik lawan berbicara sangat penting. Hal ini akan membuat pembicaraan dua arah terbangun dengan baik. JadI intinya, di perlukan Speaking and listening skill di waktu yang bersamaan ketika kita berkomunikasi in English

Menyambut hasil beberapa pengalaman yang di dapat. Saya akan berupaya untuk melatih listening dan speaking skill in English.

  1. Membaca denga melafazkan literature/text book in english
  2. Menonton film barat tanpa menggunakan translate bahasa Indonesia
  3. Mendengarkan dan memahami lirik dari lagu – lagu barat.

English adalah bahasa global yang tidak bisa di sangkal lagi. Untuk menghadapi persaingan global, memiliki kemampuan berkomunikasi in English is mandatory. Dan yang point yang tidak kalah penting adalah perlunya membangun kepercayaan diri ketika kita speak in English.

Saya yakin benar, bahasa hanya lah perkara kebiasaan. Jika kita membiasakan dalam kehidupan sehari – hari, maka menguasainya bukanlah perkara yang sulit.

The Iof

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s