Berkah Nikah

Posted on Updated on

Saya berkesempatan silaturahim dengan seorang kawan di weekend kemaren. Kami berbincang mengenai banyak hal. Dan, ada beberapa point menarik dari perbincangan kami, yang sungguh saya tiada kuasa bisa menahan untuk segera menuliskannya.

Seorang kawan yang juga pengantin anyar ini menceritakan keberkahan demi yang di dapatkannya setelah menikah. Mulai dari karir, bisnis dan pendidikan. Pintu keberkahan seolah- olah  terbuka begitu lebar setelah pernikahannya. Tidak hanya kebahagian menjadi seorang suami yang di dapatkan, tetapi juga kebahagian nikmat yang bertubi – tubi lainnya

Bisnis property yang di jalankannya secara paruh waktu berjalan lancar dan mendatangkan rezeki yang cukup berlimpah. Dia juga mendapatkan beasiswa untuk kuliah ke jenjang s2 dari sekolah tempat dimana dia mengajar. Dan berita gembira lainnya, dia berhasil menembus ujian CPNS dengan cukup dramatis.

Kenapa dramatis ? Dia bercerita bahwa ketika pelaksanaan di ujian pertama berlangsung. Dia tidak cukup bisa menjawab beberapa soal yang di berikan. Al hasil, dia hanya bisa mencoba untuk menebak – nebak jawabanya. Lantas apa yang terjadi ? takdir Allah memang tidak pernah tertukar. Dia berhasil lulus dan mengalahkan kandidat lainnya dengan nilai yang baik.

Ketika Test ujian masuk pertama berhasil di lewati, biasanya para kandidat yang sudah berhasil lolos harus mengikuti Ujian kedua yaitu wawancara dengan user. Dia pun menambahkan ceritanya, ketika bujangan saya pernah sampai di tahap ini dan gagal.

Tetapi situasi berbeda setelah dia menikah, ada kebijakan terpusat pada waktu itu. Bahwa ujian kedua yaitu wawancara dengan user di tiadakan. Kebijakan tersebut membuat semua kandidat yang sudah berhasil melewati ujian pertama secara otomatis lolos. Subhanallah.

Dan beasiswa dari sekolah tempat dimana dia mengajar untuk melanjutkan ke jenjang s2 tetap di dapatkannya sebagai hadiah atas pengabdian dan jasanya. Walaupun dia lulus CPNS, dan berniat pindah kerja dari tempat dia mengajar.

Sekelumit cerita di atas senada dengan janji ALLAH Ta’ala. Tentu saja, banyak kisah – kisah inspiratif yang serupa lainnya.

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin Allah akan mengkayakan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui“. (QS: An-Nur: 32)

Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam menguatkan janji Alloh itu dengan sabdanya, yang artinya: “Ada tiga golongan manusia yang berhak Alloh tolong mereka, yaitu seorang mujahid fi sabilillah, seorang hamba yang menebus dirinya supaya merdeka, dan seorang yang menikah karena ingin memelihara kehormatannya”. (HR: Ahmad 2: 251, Nasa’i, Tirmidzi, Ibnu Majah hadits No. 2518, dan Hakim 2: 160 dari shahabat Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu)

Sungguh sangat di sayangkan, jika ada pemuda yang tidak menikah karena takut akan kurangnya rezeki. Seolah – olah tidak yakin akan janji ALLAH Ta’ala. Padahal menikah merupakan ibadah yang bisa menghindarkan seseorang dari berbuat zina. Dan jangan sampai, karena kurangnya keyakinan akan janjiNya, justru mengantarkan kepada pintu perzinaan.

Jagalah kehormatan dengan menikah, maka Allah akan menolong dan memuliakan mu dengan caraNya.

Karena boleh jadi, kurangnya keyakinan itu timbul buah dari maksiat – maksiat yang masih melekat. Segala sesuatu yang Allah Ta’ala perintahkan pasti mengandung kebaikan dan keberkahan yang berlimpah di dalamnya.

Semoga cerita sederhana ini bisa mendorong dan membulatkan kembali keyakinan kita atas janji ALLAH Ta’ala. Dan, sesungguhnya Allah tidak pernah mengingkari janjinya.

ThE IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s