Terbuka Terhadap Customer

Posted on Updated on

Saya mendapat pelajaran kemaren pagi. Tetiba tiada angin dan tiada hujan, terjadi issue pada platfom yang sedang di kerjakan. Tentu saja, ini berdampak pada Campaign yang sedang berjalan di production.

Kesalahan yang saya lakukan adalah tidak mengkomunikasikan secara terbuka kepada customer. Hal ini menyebabkan, beberapa campaigns harus terhambat dan tidak terkirim sesuai jadwal.

Jika saya melakukan komunikasi dan koordinasi lebih cepat dengan customer. Setidaknya Kerusakan lebih jauh dan potensi bertambahnya runyam situasi bisa terminimalisir. Keterbukaan memang menjadi point penting dalam menjalin relasi.

Menutup – nutupi bangkai tidak akan pernah bisa berjaan baik. Sepintar – pintarnya kita menutupi, baunya akan tetap tercium di kemudian waktu.

Di dalam service recovery juga di jelaskan, treat customer fairly menjadi point yang penting. Customer harus tahu kondisi yang sesungguhnya untuk menghindari kesalahan lebih mendalam.

Kesalahan apapun itu bisa menjadi hikmah, jika kita melihat dari sudut pandang positif.

ThE  IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s