Akan Dicukupkan

Posted on Updated on

Kita tidak akan miskin karena sedekah, justru sedekah yang membuat kita anti miskin. Sebagai mana yang telah di sabdakan sang Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:“Sedekah/infaq/zakat itu tidak akan mengurangi harta sedikit pun.” (HR. Muslim dan At-Tirmidzi.)

Dengan sedekah segala bentuk kemiskinan akan menjauh, setidaknya kemiskinan yang bercokol di dalam hati. Melapangkan dada dengan sedekah akan mengkayakan hati dan mengoptimiskan pikiran.

Salah satu cara menjadi orang kaya adalah dengan mengubah mindset. Dan salah satu mindset orang – orang kaya adalah memberi dan berbagi. Oleh karenanya, bersedekah adalah cara baik untuk melatih mindset menjadi orang kaya.

Jangan menunggu kaya untuk bersedekah, karena justru bersedekah adalah cara akselerasi untuk menjadi kaya.

Kita mendengar sudah begitu banyak ratusan cerita mengenai jurus ajaib “Sedekah” sebagai pemancing rezeki dan pembawa keberkahan pada harta.

Cerita berikut ini salah satunya. Mari kita simak sejenak kisah seorang al akh.

“Keinginannya untuk mengganti gadget yang telah usang, begitu menghantui pikiran. Namun, prioritas dari kebutuhan hidup yang bersanding dengan sumber daya financial, membuatnya urung untuk melanjutkan keinginan mengganti gadget.

Selain itu, ada banyak acara silaturahim keluarga yang akan menambah beban pengeluarannya. Akan tetapi, Alih – alih menghemat pengeluarannya, al akh tersebut justru memutuskan untuk menyisihkan sedikit rezeki untuk berbagi dengan keluarga besarnya.

Harapan untuk memiliki gadget baru pun semakin menjauh, semakin terjun bebas dan tak tergapai. Dan hal tidak terduga lainnya, ternyata hape using milik al akh tersebut rusak setelahnya. Biaya perbaikan, sejumlah  dengan harga beli nya ketika rusak.

Budget untuk memperbaiki gadget yang rusak saja tidak ada, apalagi budget untuk membeli yang baru. Al Akh sempat berkecil hati. Namun al akh kembali tersadarkan.

Jika kita melakukan sesuatu untuk mencapai Ridha Allah Ta’ala dan menerima segala sesuatu dengan hati yang lapang dan penuh tawakal kepada Allah Ta’ala, pasti akan ada skenario dan jalan rezeki dari arah yang tidak disangka.

“…Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya…”  [Ath-Thalaaq (65) : 2-3]

Tetiba di pagi hari, seminggu setelah hape tersebut rusak, ada email datang dari atasan si al akh tersebut untuk menanyakan kondisi gadget yang telah rusak. Al akh tersebut dengan jujur mengatakan bahwa budget untuk memperbaikinya tidak ada saat ini.

Kebutuhan untuk berkoordinasi dengan al akh cukup mendesak di dalam pekerjaan. Berangkat dari kondisi tersebut, atasan dari al akh memutuskan untuk membelikan gadget baru untuk si al akh. Dan ternyata gadget baru tersebut sesuai dengan yang di idam -idamkan oleh si al akh”

Subhanallah, dari cerita di atas, kita bisa melihat ada buah dari amal kebaikan berbagi dan bersabar. Karena rezeki itu bukan apa yang kita beli, bukan apa yang kita miliki. Tetapi rezeki itu apa yang kita bisa rasakan secara langsung.

Walaupun tidak harus membeli gadget yang di inginkannya, al Akh tersebut bisa merasakannya secara langsung.

Iya, hidup ini memang sederhana dan buatlah sederhana. Lakukan lah yang Allah Ta’ala dan Rasulnya perintahkan dan jauhi larangannya. Maka, semuanya akan baik – baik saja. Cukupkan dirimu dengan bertawakal kepada Allah Ta’ala.

“In ahsantum, ahsantum li anfusikum

(Jika engkau berbuat baik kepada orang lain, maka sesungguhnya engkau telah berbuat baik untuk dirimu sendiri.) QS. AL-Israa: 7

ThE IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s