Cerdas Berfesbuk

Posted on Updated on

cerdas berfacebookJika kita berbicara mengenai social media. Maka, pikiran kita akan ter identik dengan facebook. Karena memang menurut data, di Indonesia facebook masih menjadi raja social media dari segi pengguna.

Kalau diperhatikan dari akar sejarahnya. Ternyata aplikasi yang sekarang dipakai oleh ratusan juta orang di seluruh dunia. Dahulu penggunannya hanya sebatas untuk komunikasi internal di dalam kampus. Namun, melihat animo antusias yang cukup tinggi, akhirnya sang creator menyebarkannya ke kampus/sekolah lain.

Sejak awal sang creator memang memperuntukan facebook sebagai alat untuk mempermudah aliran informasi yang terbuka untuk orang banyak. Inilah yang membuat facebook di gandrungi banyak orang.  Karena sangat banyak membantu mempermudah aliran komunikasi dan informasi. dan yang tidak kalah penting aplikasi ini For Free alias tidak berbayar alias gratis..

Apalagi sekarang banyak fungsional tambahan yang membuat facebook semakin menyenangkan untuk di gunakan. Banyak aplikasi game, ada group untuk suatu komunitas, ada fans page dll. Semakin lama, semakin banyak inovasi yang di luncurkan untuk membantu kemudahan – kemudahan dalam berkomunikasi.

Tidak bisa di pungkiri banyak sekali para pebisnis yang terdongkrak omsetnya, setelah menggunakan media facebook  dalam mempromosikan barangnya. Dan tidak bisa di pungkiri banyak sekali orang – orang yang terjalin kembali silaturahimnya di media facebook, walaupun sudah lama tidak bertemu.

Begitu banyak hal positif yang disajikan. Bahkan saking menariknya, tidak jarang pula justru menjadi hal yang negative. Karena memang sesuatu yang berlebihan itu kurang baik adanya. Bahkan, obat pun bisa menjadi racun, jikalau berlebihan dalam dosisnya.

Kita sering mendengar di televisi banyak remaja putri yang di culik, akibat berkenalan dengan pemuda PHP(ini bukan bahasa pemrograman :p ). Para pemuda Pemberi Harapan Palsu ini memberikan sejuta harapan yang membumbung tinggi.

Dan anehnya, walaupun tidak di kenalnya dengan baik, karena memang perkenalannya hanya di dunia maya. Para wanita ini begitu mudahnya takluk dan tertipu oleh para pemuda PHP ini. Miris memang, tetapi begitulah realitanya.

Oleh sebab itu, perlu ada pencerdasan dalam berfacebook.

Beberapa kerugian dalam berfacebook

Dari dimensi waktu

Harus di akui, penggunaan facebook dengan segala fungsional yang menarik dan kemudahan di dalamnya, sangat menghabiskan banyak waktu. Padahal di dunia ini; salah satu hal yang paling berharga dan tidak ternilai adalah WAKTU. Jikalau waktu bisa di nilai dengan uang. Mungkin para milyader itu sudah membelinya dengan uang, agar mereka tetap muda dan kaya raya.

Namun, tidaklah mungkin, karena waktu begitu berharga dan tidak ternilai dengan apapun. Penggunaan facebook rentan menghabiskan banyak waktu. Saya pernah menghitung, alokasi penggunaan facebook untuk membaca update status orang lain, kecenderungan untuk saling berbalas komen dan kecenderungan untuk  membalas komen orang di status kita. (seperti orang ketagihan)

Ternyata membutuhkan alokasi waktu yang lebih banyak dari waktu untuk membaca alquran dan buku. Tanpa disadari dimensi waktu yang terbatas semakin terkikis, oleh perbincangan di sosial  media (facebook) ini.

Padahal tidak semua status bermanfaat, ada orang yang galau statusnya pasti berbau galau. ada orang yang pendengki statusnya pasti menghina tanpa bukti. ada orang yang pemarah statusnya mengandung kemarahan.

Walaupun banyak juga  status yang berisi motivasi ajakan dalam berbuat kebaikan.

Jadi, saran pertama dalam cerdas berfesbuk.

1)      Perhatikan waktu dalam berfacebook. alokasikan seperlunya, bukan sesukanya

Dari dimensi pergaulan.

Facebook mempunyai fungsional untuk mengumpulkan suatu komunitas. Dan kumpulan komunitas ini, bisa saling berbagi cerita, pengalaman dan opini. Tentu saja menyenangkan, diskusi bersama mengenai suatu hal yang kita sukai dalam suatu komunitas .

Kita bisa menambah ilmu, dan terkadang juga bisa menambah pundi – pundi rupiah. Ini jelas sangat menguntungkan.

Di samping itu, fungsional dari group yang berada di facebook ini juga bisa di gunakan oleh suatu organisasi untuk saling berkordinasi dengan mudah. Karena sudah bisa me lampirkan doc. Hasil dari rapat yang sudah dilakukan, sehingga membuat peserta yang berhalangan hadir bisa dengan mudah mengikuti perkembangan yang ada.

Tetapi, tidak sedikit juga yang akhirnya melahirkan pola diskusi dan perdebatan yang kurang sehat, sehingga menimbulkan sakit hati dan berujung pada lahirnya perpecahahan. Biasanya, pada akhirnya diskusi yang kurang sehat. Tidak menghadirkan solusi yang solutif.

Jadi, saran kedua dalam cerdas berfesbuk

2)      Perhatikan Group/komunitas yang kita ikuti, pastikan group tersebut akan menambah manfaat buat kita dari sisi keilmuan dan materi. Jikalau tidak, lebih baik “leave” saja dari groupnya.

Sekiranya saya cukupkan dua hal saja terlebih dahulu mengenai cerdas berfesbuk, jikalau di kemudian hari ada inspirasi baru. Insya Allah akan saya tambahkan.

tHE IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s