Meraih kesuksesan Dengan Ilmu

Posted on Updated on

ImageDalam hidup ini, kita butuh ilmu untuk bisa melangkah dengan benar. Karena proses kehidupan sudah begitu Kompleks dan rumit dewasa ini. Tantangan akan muncul sebagai buah dari proses persaingan hidup yang ketat. Tentu saja kita tidak perlu takut, karena memang tidak ada yang perlu di takuti.

JIkalau kita perhatikan, proses kehidupan ini memilliki banyak bagian, seperti: kehidupan social, kehidupan ekonomi, kehidupan hukum, kehidupan politik dan dll. Semua itu, memiliki bidang disiplin ilmunya masing –masing.

Sulit bagi kita untuk bisa menguasai semua bidang kehidupan itu dengan baik. Karena waktu hidup kita itu terbatas. itu sebabnya, kita tidak perlu menguasai semua bidang itu. Kita hanya perlu menguasai salah satu bidang kehidupan itu dengan baik.

Bila itu bisa kita lakukan, maka kita akan bisa bertahan dan hidup dengan baik. Ingat, persaingan itu sifat alamiah kehidupan. Semua elemen kehidupan merasakan persaingan. tidak hanya manusia, hewan pun mengalami persaingan dalam hidup. Kaidahnya sederhana “kehidupan hanya untuk mereka yang bisa memenangi persaingan”

Berangkat dari hal ini; kita butuh cara memenangi  persaingan dalam kehidupan. Kita butuh senjata dalam peperangan agar dapat bertahan hidup. Bahkan tidak sekedar bertahan hidup, tetapi menjadi pemberi kontribusi dalam hidup.

Itu sebabnya Rasululllah mengatakan  :

Hadits Riwayat Muslim: “barang siapa yang ingin meraih kesuksesan di dunia maka raihlah dengan ilmu, barang siapa yang ingin meraih kesuksesan di akhirat maka raihlah dengan ilmu, dan barang siapa yang ingin meraih kesuksesan keduanya maka raihlah dengan ilmu”

Itu juga yang di katakana oleh Francis Bacon “Knowledge is Power”.

kita butuh power untuk bertahan hidup. Dengan kata lain, kita butuh “knowledge” dalam hidup ini. Anis Matta mengatakan dalam buku “Delapan mata air kecermelangan”. Salah satu cara mencari ilmu adalah dengan membaca buku.

Bacalah buku yang kita butuhkan, bukan yang kita senangi. Hal ini akan memudahkan kita dalam mencapai tujuan – tujuan yang sudah kita targetkan.

Buku itu jendela dunia, jendela pemikiran, jendela kejayaan. Jangan pernah ragu dalam membeli buku. Karena buku adalah investasi dengan nilai yang sangat tinggi dan berlipat -lipat. Logika sederhananya, ketika kita kuliah kita membutuhkan banyak buku sebagai referensi. Tentu, untuk mendapatkan buku – buku itu, kita perlu membelinya dengan uang yang tidak sedikit.

Namun, ketika kita menjadi sarjana, coba hitung berapa banyak rupiah yang bisa kita dapatkan dari pengorbanan uang yang kita investasikan dahulu. Pasti berlipat- lipat bukan ? saya yakin iya, karena saya merasakannya secara langsung.

Tung Desem Waringin seorang motivator dan marketer handal nasional menceritakan kisah suksesnya dalam buku “Financial Revolution”. Pada saat sebelum menjadi seorang motivator, dia seorang kepada cabang Bank Swasta terbesar dengan Kantor Cabang Pembantu terbanyak. Untuk ukuran orang pada umumnya dia sudah bisa di katakan sukses.

Namun, standard hidup untuk kesuksesannya berubah ketika ayahnya mengalami sakit keras dan harus di bawa ke singapura untuk penanganannya. Biaya perobatan yang luar biasa mahal membuat Tung Desem Waringin berpikir keras untuk mencari dana untuk membayarnya.

Hal ini membuatnya down, bahkan cenderung frustasi. Tetapi, Tung Desem Waringin sadar dia harus semangat agar orang tuanya tetap dapat bertahan hidup. Saat di Singapura, Tung Desem Waringin melihat satu seri kaset motivasi dari Anthony Robbins, dia memutuskan untuk membelinya.

Masalahnya, harga kaset Anthony Robbins tersebut lebih besar dari gajinya selama sebulan. Di sisi lain, pengeluaran untuk biaya perobatan ayahnya sangat besar. Namun, TDW(Tung Desem Waringin) melihat kebutuhan akan ilmu ini sebagai bentuk investasi. Bahkan, TDW rela untuk mengurangi jatah makannya, menahan rasa laparnya, dan hasilnya berat badannya pun berkurang sampai 8 kg.

Setelah mendapatkan ilmu dari kaset motivasi tersebut, TDW menyadari bahwa jikalau kita terus melakukan hal yang sama, maka kita akan terus mendapatkan hasil yang sama. Al hasil dalam waktu setahun TDW mengalami perubahan yang luar biasa dalam kondisi keuangannya setelah merubah pola hidupnya.

Dahulu apa yang dia dapatkan dari selama 10 tahun bekerja, sekarang bisa dia dapatkan dalam waktu sebulan. Perhatikanlah!!! Dengan ilmu, perubahan kehidupan akan kita dapatkan. Dengan ilmu, akan membuat hidup kita lebih mudah. Dengan ilmu, akan membuat hidup kita lebih baik.

Investasikan lah harta kita untuk ilmu..

anti rugi, anti inflasi, dan anti penipuan..:)

The IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s