Obat Yang Menyembuhkan Bagi Manusia (Madu)

Posted on Updated on

Rahasia madu
Rahasia madu yang terdapat dalam ayat al quran

Memahami ayat – ayat Nya dengan akal; bisa memperkuat keyakinan hati. Mencari jalan kebenaran di dalam dekapan iman; akan mempermudah jalan pencapaian. Itu lah mengapa dalam banyak ayat al – quran kita di perintahkan untuk banyak bertafakur(merenung).

”Tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berpikir,” (QS Azzumar [39]: 42). 

“Allah menganugerahkan al-hikmah (kepahaman yang dalam tentang Al-Qur’an dan As-Sunnah) kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa yang dianugerahkan al-hikmah itu, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan tak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang-orang yang berakal” Qs. Al-Baqoroh :269.

Peran akal begitu penting dalam kehidupan manusia, karena peradaban manusia bisa tumbuh dan berkembang dengan baik; jikalau peran akal juga bisa di manfaatkan secara optimal.

Pada ayat di bawah ini bercerita mengenai proses pembentukan madu. Dan juga, pada ayat tersebut menjelaskan manfaat madu sebagai obat yang menyembuhkan bagi manusia.

“Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah, ‘Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu).

‘Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.” QS An Nahl; 68-69

Dr Husein A Bajry, M.D, Ph.D menjelaskan keajaiban madu di dalam buku “Tubuh anda adalah Dokter yang terbaik”. Dia mengatakan sejarah penggunaan madu sudah sedemikian panjangnya, baik pada peradaban Mesir Kuno ( masa Fir’aun), sampai millennium ketiga ini.

Sayyidah Aisyah (istri Nabi SAW) berkata, “Minuman yang paling disukai Rasulullah Saw adalah madu”. Kini, sudah banyak penelitian yang menguatkan akan kebenaran banyaknya manfaat madu bagi kesehatan, bahkan “the Australian Therapeutic Goods Administration” (Semacam Badan pengawas Obat dan Makanan di Indonesia/BPOM) telah menetapkan madu sebagai salah satu jenis obat.

Sebuah riset yang di lakukan di Memphis University Amerika Serikat, ditemukan bahwa konsumsi madu setelah melakukan latihan olahraga bisa membantu memulihkan stamina dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Selain itu, madu mengandung pula aneka mineral penting seperti , kalsium, magnesium, natrium, tembaga, mangan, besi dan fosfor. Di dalam madu juga terdapat berbagai vitamin, seperti vitamin B1, B2, K dan C, serta beberapa enzim yang baik untuk melancarkan pencernaan.

Pada tahun 1998, sebuah studi di India melakukan studi untuk mengetahui medicinal value efek madu dalam pengobatan luka bakar. Dari penelitian tersebut di dapatkan, bahwa madu sangat baik dalam pengobatan luka bakar. Selain itu, Penelitian di University Of waikoto, Hamilton, Selandia Baru  membuktikan  bahwa madu sangat mujarab untuk menangkis serangan bakteri.

Ada beberapa infeksi yang mampu di obati dengan madu, jika di konsumsi secara teratur, antara lain : Penyakit saluran pencernaan, penyakit kulit, batuk, pilek, demam, hati , dll

Manfaat madu buat anak juga baik. Pemberian madu setiap hari pada anak secara teratur, dapat menurunkan tingkat morbiditas (panas dan pilek) dan meningkatkan nafsu makan pada balita.

Semoga beberapa paparan penelitian yang telah di jelaskan di atas; semakin menguatkan  keimanan  dan semakin merangsang daya berpikir kita.

“..….Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan.” QS AN Nahl ayat 69

ThE IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s