Senyumlah

Posted on Updated on

images

Tidak perlu wajah yang rupawan untuk melakukannya; karena semua orang bisa. Aktifitas ini akan membuat wajah seseorang akan terlihat lebih menarik, lebih mempesona dan lebih menyenangkan. Aktifitas ini merupakan bahasa universal untuk persahabatan. Tidak perlu translate.google atau kamus untuk mengartikannya.

Karena semua orang memahami aktifitas ini sebagai bahasa global yang menunjukan persahabatan . Senyuman bisa membahagiakan orang yang melihatnya. Tentu saja, dengan cara yang wajar dan tulus. Karena ketulusan itu bisa terpancar dari wajah seseorang yang tersenyum.

Ketika tersenyum pada dasarnya kita sedang menyebar kebahagian kepada orang lain. Aura kebahagian itu tertular lewat mimik wajah yang disebut senyuman. Oleh sebab itu, kita di anjurkan untuk banyak tersenyum; karena dengan begitu secara langsung kita juga banyak menyebar kebahagiaan(kebaikan).

Islam adalah agama yang mengajarkan kasih sayang. Sejak dahulu kala, sekitar 1400 tahun yang lalu, aktifitas ini sudah di anjurkan. Sebagaimana yang telah di sabdakan Rasulullah SAW :

Rasulullah bersabda, “Senyummu pada saudaramu adalah sedekah”, “Jangan sekali-kali kalian meremehkan suatu kebaikan, meski hanya berupa keceriaan wajah ketika kalian bertemu dengan kawan kalian” (HR Muslim),

Walaupun Rasulullah bukan seorang psikolog, namun beliau sudah sangat memahami urgensi dari sebuah senyuman. Karena memang beliau mempunyai budi pekerti yang mulia. Di dalam islam setiap kebaikan itu bernilai pahala. Salah satunya adalah tersenyum. Dan senyuman ini merupakan aktifitas yang sederhana untuk di lakukan.

Sekarang ini  banyak sekali buku – buku psikologi terapan yang mulai membahas mengenai urgensi sebuah senyuman. Padahal seperti yang sudah di bahas sebelumnya; didalam islam aktifitas ini(tersenyum) sudah di anjurkan sekitar 1400 tahun yang lalu.

Salah satu buku psikologi yang sangat fenomenal(best seller); yang di terbitkan sekitar tahun 1900 an dengan judul  “How to Win Friends And Influence People” Karya Dale Carnigie. Pada buku ini; di dalam salah satu babnya  membahas mengenai urgensi sebuah senyuman.

Ada sebuah cerita dari buku tersebut mengenai seorang wanita yang sangat kaya raya. Wanita tersebut ingin memberikan kesan menyenangkan kepada setiap orang yang melihatnya. Wanita itu menggunakan semua perhiasan yang dimilikinya, menggunakan pakaian terbaiknya; Dengan tujuan ingin membuat semua orang terkesan ketika melihatnya.

Wanita itu telah memakai atribut(perhiasan) terbaiknya. Namun satu hal sederhana yang tidak dilakukan oleh wanita itu. Dia tidak mengubah mimik di wajahnya, sehingga dia terlihat sombong dan tidak menyenangkan.

Alhasil pada akhirnya; dia tidak berhasil membuat orang lain terkesan. Karena seperti yang kita ketahui bersama; bahwasanya ekspresi wajah yang baik(senyuman) itu lebih penting dan memberikan kesan; daripada atribut(perhiasan) yang dikenakan.

Salah seorang milyader yaitu Charles schwab mengatakan : “senyuman saya bernilai satu juta dolar”. Dia memiliki pesona  untuk membuat orang lain menyukainya. Salah satu rahasia kesuksesannya terletak pada senyum nya yang menawan.

Professor James V. McConnel seorang psikolog di Universitas Michigan mengatakan “orang yang tersenyum cenderung bisa menjual lebih efektif”. Seorang manajer dari New York department Store mengatakan, Dia lebih memilih seorang yang tidak sekolah, tetapi mempunyai senyum yang menyenangkan. Dari pada seorang Doktor(Ph.D) yang memiliki wajah yang muram dan tidak menyenangkan.

Efek senyuman itu sangat kuat – bahkan walaupun tidak terlihat secara langsung. Di amerika, para sales yang menggunakan telepon untuk menjual jasa atau produknya; di sarankan untuk tersenyum ketika berbicara di telepon dengan para pelanggan. Karena senyuman anda bisa bisamengalir melalui suara anda.

Bahkan pepatah kuno di cina mengatakan: “Seseorang yang tidak bisa tersenyum dengan baik, Maka tidak di sarankan untuk Memiliki toko(usaha)”.

Tersenyum adalah cara sederhana untuk membahagiakan orang lain. Tidak memerlukan biaya  untuk melakukannya, tidak perlu tenaga yang besar untuk mewujudkannya. Namun demikian, efek positif yang di berikannya cukup besar. Karena dengan tersenyum, kita bisa menyebar energi postif kepada orang lain.

Tersenyumlah pada dunia, maka dunia akan menyambutmu dengan senyuman.

Berikut saya lampirkan senandung lirik dari group musik Raihan :

Raihan – Senyum

Manis wajahmu kulihat di sana

Apa rahsia yang tersirat

Tapi zahirnya dapat kulihat

Mesra wajahmu dengan senyuman

 Senyuman… senyuman

Senyum tanda mesra

Senyum tanda sayang

Senyumlah sedekah yang paling mudah

Senyum di waktu susah

Tanda ketabahan

Senyuman itu tanda keimanan

Senyumlah senyumlah senyumlah senyumlah

 Hati yang gundah terasa senang

Bila melihat senyum hatikan tenang

Tapi senyumlah seikhlas hati

Senyuman dari hati jatuh ke hati

 Senyumlah senyumlah

Senyumlah seperti Rasulullah

Senyumnya bersinar dengan cahaya

Senyumlah kita hanya kerana Allah

Itulah senyuman bersedekah

 Senyumlah senyumlah senyumlah senyumlah

Itulah sedekah yang paling mudah

Tiada terasa terhutang budi

Ikat persahabatan antara kita

Tapi senyum jangan disalah guna

Senyumlah senyumlah senyumlah senyumlah

The IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s