Pentingnya, Mengingat Nama Orang Lain !!!

Posted on Updated on

Cara-Menyapa-dalam-Bahasa-Mandarin-150x150Setelah melewati masa rehat yang cukup lama dalam menulis di blog. Karena  sedang berkonsentrasi pada suatu hal. Akhirnya,  Pada kesempatan yang berbahagia ini; saya akan coba untuk meng update content blog kembali.

Baiklah, sekarang ini saya ingin berbicara terkait dengan pentingnya mengingat nama orang lain !!!  kenapa kok  penting ??? padahal,  itu kan merupakan perihal yang sederhana. Nah, Tulisan pada artikel ini akan menjelaskan pentingnya mengingat nama orang lain.

Dewasa ini sudah banyak sekali riset yang menunjukan bahwa kecakapan dalam berinteraksi dengan orang lain; merupakan prasyarat yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan.

Logika sederhananya adalah karena manusia makhluk sosial yang butuh interaksi antara satu dengan yang lain. Sehingga kemampuan berinteraksi dengan orang lain menjadi  hal penting yang harus di kuasai.

Berkomunikasi(berbincang) secara langsung merupakan bagian sederhana dari berinteraksi antar sesama. Biasanya, kita akan menyapa lawan berbicara kita terlebih dahulu; sebelum memulai suatu komunikasi(perbincangan) denganya.

Nah , menyapa merupakan landasan awal yang penting dalam membangun sebuah komunikasi(perbincangan) yang baik. Tentu saja, hal ini menjadi suatu yang fundamental untuk di ketahui. Oleh sebab itu, biasakanlah menyebut namanya terlebih dahulu sebelum kita menyapanya.

Nama merupakan sebuah identitas personal. karena itu, mengingat nama orang lain menjadi hal penting yang harus dilakukan. Mengingat nama merupakan bagian dari pengakuan eksistensi atas seseorang. Oleh sebab itu, menyapa seseorang dengan menyebutkan namanya, merupakan momen indah bagi seseorang yang di sapa.

Karena secara tidak langsung, ini menunjukan pengakuan eksistensi atas orang yang di sapa tersebut. Hal ini baik untuk meningkatkan hubungan secara personal.

Dalam buku “How to win friends and Influence people” karya Dale Carnigie di ceritakan. Pada saat itu, Kell Nottingham seorang karyawan General Motor di Indiana makan siang di kantin perusahaannya. Dia menyadari bahwa wanita yang bekerja sebagai pelayan di kantin perusahaannya selalu cemberut dalam melayani setiap pelanggan.

Di kemudian hari, dia datang lagi ke kantin perusahaan itu dan dilayani oleh orang wanita yang sama. Seperti biasa, wanita itu selalu terlihat masam dalam melayani setiap pelanggannya. Namun, pada kesempatan ini Kell Nottingham menyapa wanita tersebut; sebelum membeli pesanananya. Dia menyapa wanita tersebut dengan menyebutkan nama yang terpajang pada tanda pengenalnya.

Tidak lama setelah itu, pelayan wanita itu tersenyum kepada Kell Nottingham dan melayani dia dengan sangat ramah. Itulah sihir sederhana, dalam membangun relasi baik kepada orang lain. Hanya dengan mengingat dan menyebut nama orang lain, kita telah membuka awalan yang baik dalam membangun hubungan dengan orang lain.

Napoleon Bonaparte salah seorang panglima terbesar yang bersejarah dari prancis. Memiliki kemampuan dalam menjalin relasi yang baik dengan orang lain; Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu panglima perang yang bersejarah.

Napoleon Bonaparte sangat ahli dalam berpolitik, keahliannya dalam mempengaruhi orang lain; membuat dia unggul dalam permainan politiknya. Salah satu tekniknya napoleon untuk mengetahui nama orang lain sangat sederhana. Dia (napoleon) jika tidak bisa mendengar nama orang lain dengan jelas, Dia mengatakan : “maaf, saya tidak bisa mendengarnya dengan jelas, bisa kah anda mengeja hurufnya ?”.

Karena Napoleon tahu benar mengingat nama orang lain merupakan hal penting dalam membangun relasi. Itu sebabnya, dia harus yakin bisa mengucapkannya dengan tepat. Oleh sebab itu, dia berusaha  untuk bisa mengetahui nama orang lain yang di kenalnya dengan benar.

Ingatlah nama dan sapa orang lain dengan namanya, karena itu merupakan  suatu hal yang menyenangkan untuk di dengar.

ThE IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s