Strategi Bisnis Orang Cina

Posted on Updated on

Impian hanya tinggal impian jika pedagang terus bertahan di batas bawah dan tidak mau melakukan perubahan paradigma pada sikap dan tindakan. Perencanaan memainkan peranan penting dalam perdagangan. Perdagangan yang di jalankan tanpa focus yang jelas, lambat daun akan mengalami masalah, baik dalam bentuk keuangan, kepincangan manajemen, atau kerugian akibat pemborosan.

Setiap perencanaan memerlukan strategi yang disusun mengikuti keadaan dan kegiatan. Strategi bukan sekedar diatas kertas, melainkan harus dilaksanakan. Hal yang menjadi titik berat dalam perdagangan orang Cina di antaranya adalah meningkatkan kemampuan dalam pengurusan keuangan.

Seorang pedagang harus tahu dan perduli terhadap hal yang berkaitan dengan keluar masuknya uang. Begitu juga dengan biaya yang diperlukan. Biaya yang tidak perlu sebaiknya dihindari.

Pedagang harus memiliki strategi selagi melakukan investasi. Banyak pedagang tidak rela mengeluarkan uang mereka untuk melakukan investasi karena tidak memiliki strategi apa pun yang memperlihatkan peluang untuk mendapatkan manfaat dari investasi yang mereka lakukan.

Sikap ini menghambat usaha para pedagang untuk meningkatkan kapasitas perdagangan mereka. Ada pedagang yang tidak berani melakukan perubahan dan pembaharuan terhadap strategi perdagangannya. Sikap ini sangat terlihat di kalangan pedagang melayu yang tidak berani pindah dari toko ke tempat perdagangan yang lebih besar karena ragu – ragu tidak mampu membayar sewa yang lebih tinggi.

Jika tempat itu terletak di lokasi strategis, sudah barang tentu keuntungan yang diperoleh akan bertambah. Jadi, tidak ada kata tidak mampu menanggung biaya, sewa, dan sebagainya.

Pedagang yang tidak rela mengeluarkan uang dan modal untuk tujuan itu tidak akan sampai kemana – mana. Pedagang yang memiliki strategi perdagangan selalu berjiwa besar dan tidak takut untuk mengambil resiko serta melakukan perubahan. Dunia perdagangan hanya untuk mereka yang memiliki impian dan cita – cita.

Orang Cina merealisasikan impian itu dengan menyusun strategi bagaimana memperbaiki kedudukan dan masa depannya. Jika orang Cina tidak berusaha terjun di perdagangan, barangkali mayoritas dari mereka masih hidup dalam kemiskinan. Impian sangatlah penting karena dari impian itulah lahir harapan dan strategi untuk menjadikannya suatu kenyataan.

Tidak ada perdangan yang tidak memiliki resikodan tantangan. Meski sekecil apa pun itu perdagangan itu, pasti ada lika –liku yang harus diarungi. Semakin besar perdagangan, semkain banyak dan hebat tantangannya. Dalam dunia perdagangan, makin tinggi resiko makin besar keuntungan dan imbalannya. Jadi sebenarnya, setiap strategi perdagangan harus ada sasaran dan tujuannya.

Dengan adanya tujuan, pedagang tidak mudah hanyut terbuai keuntungan dan keberhasilan yang bersifat sementara. Kerugian dalam suatu perdagangan banyak disebabkan dari kegagalan menyusun keuangannya secara rapi.

Resiko dan kerugian dalam perdagangan dapat diperkecil jika pedagang memiliki strategi menggunakan modal kerja secara tertib. Kebanyakan, gagalnya perdagangan disebabkan dari putaran modal yang tidak mulus dan sempurna. Akibatnya, utang semakin bertambah dan bertumpuk.

Jika dibiarkan, perdagangan akan tersendat dan memosisikan seorang pedagang itu di ambang kehancuran dan kebangkrutan. Oleh sebab itu, strategi perdagangan sangat penting untuk mengurangi resiko tersebut.

Beberapa strategi orang Cina untuk menghadapi berbagai kemungkinan itu adalah dengan memastikan bahwa, Strategi pertama : mereka memiliki tabungan yang cukup dan dapat di gunakan di waktu sulit. Strategi Kedua, Pedagang Cina Akan menggabungkan diri dengan asosiasi perdagangan dan organisasi teknis atau suku mereka. Jika menghadapi masalah, mereka akan mendapatkan bantuan dari organisasi tempat mereka menjadi anggotanya. Organisasi ini biasanya mempunyai hubungan dan kaitan dengan perdagangan orang Cina.

Strategi ketiga orang Cina adalah apabila perdagangna yang mereka usahakan sudah tidak lagi mendatangkan keuntungan, harus segera mengambil langkah dengan beralih ke bidang perdagangan yang lain. Untuk melakukan ini perlu kekuatan, keberanian dan pengorbanan. Satu kelebihan orang cina yang tidak ada pada bangsa lain adalah mereka cepat menerima perubahan dan kenyataan yang terjadi. Seba itulah, orang cina cepat menyesuaikan diri dan menerima apa saja bentuk pembaruan dan juga perubahan. Strategi keempat adalah untuk menang dalam persaingan, pedagang harus berbuat yang lebih dari pedagang lain. Mereka harus menjaga kualitas barang yang di jual, menjaga kebersihan tempat, dan berusaha memenuhi kehendak dan cita rasa pembeli. Pedagang tidak boleh mengikuti apa yang ada di dalam kepalanya saja. Sebaliknya, mereka harus mengikuti perilaku, minat, dan kecenderungan orang banyak serta tren pasar. Siapapun yang tidak bisa melakukannya akan ketinggalan jauh di belakang.

Masih banyak lagi strategi yang digunakan oleh orang cina untuk memastikan bawa perdagangan yang mereka lakukan akan mendatangkan hasil. Strategi yang digunakan adalah beraneka macam dan dapat disesuaikan mengikuti kondisi serta keadaan sekitar. Strategi harus fleksibel dan dapat dilaksanakan.

Selain itu harus praktis dan ekonomis, dan dapat diterima umum. Tanpa strategi perdagangan, pedagang akan kehilangan arah dan perhatian. Strategi itulah yang menyediakan langkah – langkah yang harus di ambil untuk dapat mengarungi berbagai kemungkinan yang terjadi pada lika liku perdagangan.

Oleh Ann Wan Seng dalam Buku “Rahasia bisnis Orang Cina”

One thought on “Strategi Bisnis Orang Cina

    bisnis online 2014 said:
    February 26, 2014 at 9:15 pm

    terima kasih atas artikelnya, sangat sesuai dengan informasi yang saya butuhkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s