Read more, Get more

Posted on Updated on

membacaAkhir pekan merupakan waktu dimana saya menyediakan alokasi untuk menambah dan mencari ilmu. Hal ini menjadi penting saya lakukan untuk meningkatkan kapasitas diri. Karena ketika kapasitas diri kita meningkat, maka kemampuan untuk mentransfer kebaikan juga akan menjadi lebih baik.

Sederhananya mungkin bisa di gambarkan seperti ini : “Banyak dari kita yang menggunakan Smartphone untuk menunjang mobilitas dalam berbagai aktifitas, Salah satu issue krusial dari Smartphone itu mudah terkurasnya energy baterainya. Hal ini sungguh sangat menggangu aktifitas kita. Oleh sebab itu, sekarang ini kita mengenal sebuah alat yang disebut power bank sebagai salah satu solusi atas permasalahan ini. Proses kerja alat ini(Power Bank) sederhana, kira2 seperti aki/accu lah, Cuma alat ini lebih portable dan memang hanya untuk charging ponsel. Namun, sebelum bisa di gunakan untuk charging, power bank ini juga harus di setrumkan listrik terlebih dahulu”.

Nah, kira – kira seperti power bank itulah gambarannya. Jikalau kita ingin mentransfer kebaikan dengan lebih baik dalam rangka memaksimalkan potensi diri untuk  kemanfaatan bersama. Kita juga harus selalu senantiasa meningkatkan(mengisi) kapasitas diri guna menunjang itu

Judul menarik tulisan ini; saya dapatkan karena ter inspirasi oleh kata-kata salah seorang dosen magister saya. Orang ini sangat menarik, inspiratif, komunikatif, dan tentu saja smart. Mari kita mengenal beliau lebih dekat. Namanya adalah Pak Hasmand Zusi, dilahirkan di Bukit tinggi, memperoleh gelar S1 pada universitas Andalas Padang, memperoleh gelar Master of Science (S2) bidang Agribusiness dari Mississippi State University, Usa, memperoleh gelar doktor Ilmu Ekonomi dari Universitas Indonesia.

Bapak yang satu ini selalu memberikan inspirasi yang segar ketika mengajar, sesuatu yang sulit terlihat menjadi mudah lewat penjelasannya. Teori – teori dalam buku itu di gambarkan dengan jelas pada kondisi realita kehidupan, hal itulah yang kemudian memudahkan saya untuk mencernanya.

Berangkat dari jiwa yang terinspirasi oleh kata – kata  “Read More, Get more”. Pada tahun 2013 ini; Salah satu resolusi sederhana saya adalah membaca tiga buku setiap bulan. Adapun mengenai buku –buku itu,saya bagi menjadi tiga bagian :

1)      Buku tentang Biografi orang-orang hebat

Bagi saya; membaca kisah orang- orang hebat yang ikut mewarnai sejarah peradaban dunia itu menarik, bahkan sangat menarik. Ketika Kita membaca riwayat hidup mereka. Kita bisa membayangkan perjuangan mereka. Kita bisa ikut menghayati perasaan merekapada saat itu.

Ketika kita membaca riwayat hidup mereka. kita bisa merasakan perihnya luka yang menggores hidup mereka dalam perjuangannya. kita bisa merasakan semangat yang terus membakar motivasi mereka, kita bisa merasakan kebahagian dalam detik – detik akhir pencapain kesuksesan mereka.

Dan yang terpenting adalah kita mengetahui bahwa pencapaian mereka itu dilakukan tidak dalam sekejap mata,atau tidak semudah membalikan telapak tangan. Selalu ada keringat yang dikeluarkan, selalu ada air mata yang mengalir, selalu ada keletihan yang mengiringi dan selalu ada pengorbanan yang dikeluarkan.

Oleh sebab itu, saya memutuskan untuk membaca buku biography orang – orang hebat setiap bulan; Dengan penuh harapan, energi hebat itu bisa mengalir dalam diri ini.

Semoga suatu saat nanti kisah hidup saya bisa cukup menarik untuk dijadikan sebuah buku.. (harapan masa depan) hehehe..😀

2)      Buku yang menunjang pekerjaan.

Hal ini penting dan harus mendapat perhatian, dalam dunia profesionalisme persaingan semakin ketat. Di butuhkan nilai lebih, untuk memenangi persaingan. Pembaharuan dan peningkatan kapasistas diri yang menunjang pekerjaan itu mutlak diperlukan. Karena kaidah pada umumnya, semakin meningkat kapasitas kita dalam menunjang pekerjaan, maka hal itu juga akan berdampak pada kesejahteraan yang kita dapatkan.

Sebagai seorang engineer; saya harus terus mengasah kemampuan diri. Membaca buku – buku penunjang pekerjaan adalah salah satu upaya untuk terus meningkatkan kapasitas guna memperkuat kompetensi diri.

3)      Buku yang menunjang perkuliahan.

Untuk bagian ini; saya memang harus memberikan alokasi waktu tertentu, karena tidak mudah juga mengikuti perkuliahan magister manajemen keuangan dengan latar belakang pendidikan S1 teknik. Pada awalnya memang banyak orang bertanya atas pilihan ini, namun bagi saya alasannya sangat sederhana ketika saya mengambil ini. Alasan itu adalah karena saya menyukai bidang ini. Oleh sebab itu, saya memutuskan untuk mempelajarinya.

Itulah beberapa aktifitas yang merupakan buah dari resolusi sederhana saya di tahun 2013 ini.

Membaca!! Iya, membaca itu aktifitas mulia, dengannya kita bisa menyegarkan pikiran, membuka blokade sudut pandang kehidupan. Melahirkan inspirasi baru, menyuburkan semangat hidup dan menguburkan kebodohan akal.

Membaca merupakan aktifitas yang membudaya di negera – negara maju, kita mungkin pernah melihat di internet atau membaca artikel mengenai hal ini. Seperti : Di Negara jepang. Bahkan, ketika berada di dalam transportasi publik (kereta, bis,dl) mereka(Warga Jepang) masih menyempatkan diri untuk membaca.

Al Quran merupakan risalah agung yang di turunkan untuk mengatur seluruh aspek kehidupan di dunia ini mulai dari kehidupan bernegara, bermasyarakat, berniaga,waris , berkeluarga, dan kehidupan secara personal.

Dua dari Lima ayat(al quran) yang pertama kali diturunkan adalah perintah untuk Membaca

Bacalah dengan (menyebut) Tuhanmu yang menciptakan(1) Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah(2) Bacalah dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah(3) Yang mengajar (manusia) dengan perantaan kalam(4) Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya(5)” [QS Al-Alaq (96): 1-5].”

Dengan membaca kita akan mengetahui apa yang tidak kita ketahui, membaca adalah perintah pertama ketika ayat – ayat yang agung nan suci ini(al quran) diturunkan.

Read More, Get More…

Semakin banyak membaca, kita akan semakin mendapatkan banyak hal…

Mari menyapa seluruh dunia lewat membaca

Kualitas seseorang itu bisa dilihat dari beberapa hal: siapa temannya? apa yang dibicarakannya? buku apa yang dibacanya? (anonim)

Sumber gambar : http://bocahbancar.wordpress.com/2010/07/15/mari-gemar-membaca/

The IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s