Knowledge is to share

Posted on Updated on

Jikalau kita perhatikan judul dari tulisan ini; pasti kita akan sepakat. Kata – kata tersebut sederhana memang, tetapi sangat powerfull. Pengetahuan merupakan sebuah anugrah bagi kehidupan, pengetahun merupakan bagian dari dinamisasi alam, pengetahun merupakan detak jantung harapan menuju perbaikan.

Ada sebuah pengalaman menarik yang saya alami dan masih berbekas sampai saat ini. Ketika itu saya sedang bertugas untuk deploy sebuah aplikasi server di salah satu operator telekomunikasi ter-besar di indonesia. Secara technical saya masih sangat awam dan harus terus banyak belajar.🙂

Partner kerja saya berada di malaysia dan prancis. Karena project itu di indonesia, berarti saya yang bertugas untuk mengeksekusi di lapangan. Banyak hal pada awalnya yang belum saya mengerti, walaupun semua dokumen teknis pelaksanaan sudah di berikan.

Sesuai anjuran ayat al quran Maka bertanyalah kepada orang yang berilmu jika kamu tidak mengetahui!” (QS an-Nahl :  43. dan juga sesuai dengan sunah Rasulullah Saw “Sesungguhnya obat dari kebodohan itu adalah bertanya” HR (Abu Dawud).

 

Saya berusaha menghancurkan semua keangkuhan diri dengan mengakui dan menerima keadaan bahwasanya memang saya tidak menguasai hal ini. Saya bertanya kepada mereka partner kerja saya yang notabene mereka lebih expert dan berpengalaman dari saya.

Banyak hal saya tanyakan mulai dari hal kecil sampai besar, dalam hal ini kami menggunakan skype sebagai media komunikasi. Sampai pada di akhir pekerjaan, saya mengucapkan terima kasih kepada partner kerja atas bantuann dan sharing ilmunya.

Kemudian dia(partner kerja) saya mengatakan di akhir pembicaraan “ok no problem, knowledge is to share ” . saya belajar banyak hal hari itu, mulai dari hal yang bersifat teknis sampai dengan pelajaran kehidupan.

Terkadang kita sering menemui beberapa orang sebut saja “oknum” sangat pelit sekali dalam berbagi ilmunya. Padahal klo kita mau berbagi pengetahuan justru akan menambah pengetahuan kita. Karena ketika kita mengajarkan seseorang tentang sesuatu, secara sadar kita melakukan pengulangan hal tersebut.

Meningkatnya keahlian kita itu disebabkan oleh latihan yang berulang-ulang, seperti yang di katakan oleh Bruce Lee “Aku lebih takut kepada orang yang melatih 1 buah jurus tendangan 1000 kali, daripada kepada orang yang berlatih 1000 jurus tendangan 1 kali.

Bisa juga dikatakan ketika kita sedang mengajari orang lain suatu hal, sesungguhnya kita juga sedang meningkatkan kapasitas keahlian kita dalam hal tersebut.

Pelajaran kehidupan yang saya dapat di hari itu, juga yang kemudian membuat saya bersemangat untuk berbagai pengetahuan yang saya miliki. Melalui media wordpress ini saya ingin berbagai pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki. Karena media ini bisa di akses oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Boleh jadi diluar sana ada orang yang memiliki permasalahan dan solusinya sesuai dengan ulasan sederhana yang saya tulisakan di media ini. Semua kemungkinan tersebut bisa saja terjadi.

Harapan dari setiap tulisan yang saya share di media wordpress ini sangat sederhana yaitu mereka bisa mengambil manfaat dan hikmah dari kumpuan huruf ini. Sehingga hal ini bisa menjadi ladang amal bagi saya.

Ketika saya sedang disibukan hal lain dan sulit untuk memikirkan sebuah ide. Saya akan berupaya menuliskan sebuah bab/bagian yang bagus atau artikel yang menarik dari referensi buku yang saya miliki, tentu saja dengan mencantumkan sumbernya.

Karena boleh jadi di luar sana ada orang yang belum membaca bagian bab yang menarik dan penuh inspirasi dari buku yang saya miliki. Oleh sebab itu, agar bisa mengakomodir orang – orang tersebut, saya berupaya juga akan menshare bab/bagian tersebut melalui media ini(wordpress).

Semangat berbagai ilmu itu luar biasa, ini adalah pekerjaan amal yang akan melampai usia hidup kita di dunia… (amal jariyah).

Semangat berbagi ilmu ini harus menjadi spirit hidup kita,

Ketika berbagi ilmu dan harta kita akan melihat perbedaannya. Semakin di bagikan semakin habis itulah “harta”, lain hal dengan “ilmu” semakain dibagikan semakin bertambah.

The IoF

2 thoughts on “Knowledge is to share

    emiksan said:
    December 25, 2012 at 8:55 am

    Setuja bro..
    Kalo boleh usul nih ya, knowledge yg dishare jgn kebanyakan celoteh santai.
    Buatlah post yang bener2 orang lain butuhkan. Usul buat kategori IT, sesuai keahlian saudara, siapa tahu bnyk error yang sedang dicari solusinya dan agan sudah nemu solusinya..
    Buatlah tips dan trik yang mungkin kira2 begitu sexy dimata search engine (bnyk org lain cari) misal nih, cara dari bekasi ke bandung naik apa, perumahan yg recommended ditangerang. Kalo agan suka jalan2 makan2 review tempat wisata/resto sperti yg dulu dibuat bagus tuh. Biasanya knowledge sperti ini yang banyak org butuhkan😀

      arkannr responded:
      December 25, 2012 at 9:42 am

      klo IT malu ahh.. masih cupu, beda ama iksan yg udah expert… heheh :p
      klo tentang makanan boleh juga tuh.. ntar deh coba di share..
      thanks for your advice yahh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s