21-12-12

Posted on Updated on

Berita mengenai akan terjadinya hari akhir(Kiamat) pada tanggal 21 Desember 2012, cukup membuat kehebohan dan kepanikan beberapa orang di beberapa daerah. Sumber info mengenai hari akhir ini berdasarkan kalender suku maya. Bahkan, di beberapa daerah di dunia ini ada yang melakukan sebuah ritual khusus yang sangat aneh terkait dengan menyambut datangnya hari akhir berdasarkan kalender suku maya ini.

 Di Moskow Rusia terdapat sebuah bungker yang di gunakan sebagai tempat penyambutan kiamat. Mereka akan melakukan pesta pada malam menjelang tanggal 21 bulan desember tahun 2012. Di china terjadi kegaduhan terkait dengan berita yang beredar ini, warga China memborong makanan dan minuman kaleng, lilin, korek api, hingga baju hangat untuk bertahan hidup jika kiamat terjadi.

 Beberapa peristiwa kehebohan yang terjadi di China dan Rusia terkait dengan hari kiamat berdasarkan kalender suku maya. Tentu saja bagi saya beberapa perihal di atas menjadi sebuah lelucon tersendiri.

Bagi saya sebagai seorang muslim kepercayaan terhadap hari akhir(kiamat) merupakan sebuah kewajiban. Karena ini merupakan ranah aqidah yang wajib di imani, oleh sebab itu mempelajari dan memahami terkait ini menjadi hal yang penting.

 Dalam sebuah hadits yang saya kutip dari kitab al waqi hadits ke 2; berikut penggalan dialog antara Rasulullah dengan malaikat jibril terkait dengan hari datangnya kiamat dari hadits tersebut → “… Orang itu berkata(malaikat jibril), `Beritahukan kepada tentang kiamat.` Nabi shallallahu alaihi wa sallam menjawab, `Orang yang di tanya tidak lebih tahu daripada orang bertanya’

Orang itu berkata lagi(malaikat jibril), `beritahukan kepadaku tentang tanda- tandanya.` Nabi shallallahu Alaihi wa sallam menjawab, `Jika seorang budak perempuan telah melahirkan majikannya. Jika engkau melihat orang – orang yang tak beralas kaki, tak berbaju, miskin dan pengembala kambing, berlomba – lomba dalam mendirikan bangunan yang tinggi `……….” (HR Muslim) di awal kitab : iman No. 8

 Dari hadits tersebut sebagai seorang muslim saya memahami bahwasanya hari akhir(kiamat) itu pasti akan terjadi. Akan tetapi, mengenai kapan datang kejadiannya hanya ALLAH Ta’ala yang mengetahui. Oleh sebab, itu saya ingin mengingatkan kepada saudara – saudara yang muslim, jangan pernah mempercayai ramalan – ramalan mengenai hari kiamat ini.

 Hari kiamat dan tanda- tandanya. Pengetahuan tentang terjadinya hari kiamat adalah hanya ada pada ALLAH. Tidak ada satu pun makhluk yang mengetahuinya, baik para malaikat mauapun para nabi. Oleh karena itu Nabi Shallallahu alaihi wa sallam berkata kepada Jibril, “Orang yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya?” tetapi beliau menjelaskan sebgaina tanda- tandanya yang akan terjadi sebelumnya dan yang menujukan sudah dekatnya waktu kiamat :

 A) Rusaknya zaman dan merosotnya akhlak, dimana banyak anak yang durhaka kepada orangtuanya. Mereka memperlakukankeduanya bagaikan seorang tuan memperlakukan budaknya.

 B) Terbalik dan kacau balau berbagai urusan sehingga masyarakat kelas bawah menjadi para pemimpin dan pengusaha, dan urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, melimpahnya harta ditangan manusia, merebaknya kemewahan dan berlebihan.Di dalam Al Quran Allah menegaskan bahwasanya waktu datangnya hari kiamat, hanya Allah Yang mengetahui .

Mereka bertanya kepadamu tentang Kiamat, ‘Kapankah terjadinya?’ Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu adalah pada sisi Rabb-ku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba.’ Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah, ‘Sesungguhnya pengetahuan tentang hari Kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.’” [Al-A’raaf: 187]

 tafsir dari ayat diatas menurut kitab tafsir ibnu katsir adalah :

Firman ALLAH “ Mereka menanyakan kepadamu tentang hari kiamat”. Ayat ini sama seperti firmannya : “Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit” (QS Al ahzab:63).

 Ayat tersebut turun berkenan dengan orang – orang quraish. Mereka bertanya tentang waktu hari kebangkitan, dengan maksud menafikan terjadinya peristiwa tersebut dan untuk mendustakan kejadiannya.

Dan FirmanNya: “Bilakah terjadinya ?” Ali bin abi thalhah mengatakan dari ibnu abbas, ia berkata :” berarti batas waktunya, maksudnya waktu berakhirnya dan waktu batas akhir kehidupan dunia yang merupakan awal kebangkitan itu?”

 Dan firmanNya:”Katakanlah : Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada sisi Rabbku. Tidak seorang pun yang dapat menjelaskanwaktu kedatangannya kecuali dia” Allah Ta’ala memerintahkan Rasul-Nya Muhammad Saw, jika ditanya tentang datangnya kiamat, agar mengembalikan ilmunya kepada ALLAH Ta’ala, karena hanya ALLAH yang mampu menjelaskan waktunya, atau mengetahui kejelasan mengenai masalah itu. Dan mengetahui waktunya secara tepat tidak ada yang mengetahuinya kecuali ALLAH semata. Oleh karena itu, ALLAH berfirman “Kiamat itu amat berat(huru – haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi”

 Mengenai FirmanNya “kiamat itu amat berat(huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi” Abdur razaq mengatakan dari Ma’mar, dari Qatadah, ia berkata : “Ilmu mengenai hari kiamat itu terasa berat untuk diketahui penduduk langit dan bumi”. Adapun Ma’mar mengatakan dari al – Hasan : “ Jika hari kiamat itu tiba, maka terasa berat bagi penghuni lagnit dan bumi”

dan Firmannya : “Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba – tiba”. Hari kiamat itu akan datang secara tiba- tiba dan mendatangi manusia ketika mereka dalam keadaan lenga. Al bukhari mengatakan dari Abu Hurairah Bahwa Rasulullah besabda “

Hari kiamat itu tidak datang sehingga matahari terbit dari arah barat, maka apabila matahari itu telah terbit( di sebelah barat), dan manusia melihatnya, mereka akan beriman semuanya. Yang demikian itu tatkala tidak bermanfaat lagi keimanan seseorang yang belum pernah beriman sebelumnya, atau belum berbuat kebaikan dalam keimanannya. Kiamat itu akan datang ketika ada seseoarang telah kembali membawa seluruh perahannya dan ia tidak sempat meminumnnya. Dan hari kiamat akan datang pada saat seseorang telah mengangkat suapan makanan ke mulutnya dan ia tidak sempat memakanya. HR Al Bukhari

dan FirmanNya : “Mereka bertanya kepadamu seakan akan kamu benar – benar mengetahuinya” Abdurrahman bin Zaid Bin Aslam mengatakan : Seolah – olah engkau (Muhammad) mengetahuinya, padahal ALLAH telah menyembunyikan ilmunya atas semua makhlukNya. Lalu ia membaca FirmanNya : “Sesungguhnya ALLAH, hanya pada sisi Nya saja pengetahuan tentang hari Kiamat” (QS Luqman :34).

Jadi, mungkin beberapa hal penting yang menjadi point saya dalam tulisan ini adalah perkara kiamat merupakan sebuah kepastian yang akan terjadi. Akan tetapi, mengenai waktu kejadiannya hanya ALLAH Ta’ala yang mengetahui. Tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang mengetahui hal tersebut.

Oleh sebab itu, tugas kita hanya mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. memperbanyak berbuat  kebaikan, menghindari perbuatan maksiat, dan banyak beribadah.

Karena ketika hari akhir(kiamat) itu tiba, kita akan memasuki fase hari kebangkitan dimana kita harus mempertanggungjawabkan semua hal yang kita lakukan di dunia.

Pada hari ketika mereka dibangkitkan Allah semuanya, lalu diberitakannya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan (mencatat) perbuatan itu, padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah Maha menyaksikan segala sesuatu”. (QS. Al Mujadilah : 6).

 

The IoF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s