Perpustakaan Pribadi

Posted on Updated on

ImageMelihat susunan buku yang terpajang diperpustakaan pribadi bisa melahirkan kebahagiaan tersendiri bagi saya.

Susunan buku(ilmu) merupakan salah satu cara untuk bisa menggapai dunia dan akhirat dengan benar.

Ustadz Hasan Al – Banna berkata “Hendaklah engkau membangun perpustakaan khusus, seberapapun ukurannya; konsentrasilah terhadap spesifikasi keilmuan dan keahlianmu”

Perpustakaan pribadi merupakan sarana penunjang  bagi pengetahuan keluarga. oleh sebab itu, upayakanlah kita miliki. Seorang guru saya mengatakan; penuhilah isi rumah kita dengan sarana ilmu, sebab hal yang demikian tidak akan menguras perhatian dan menimbulkan kecemasan.

Ali bin Abu thalib(radiallahu anhu) mengatakan “ Ilmu akan menjaga dirimu, sementara harta malah sebaliknya engkau harus menjaganya”. Itulah keutamaan ilmu atas harta.

Jikalau perabotan rumah kita lebih di dominasi oleh perhiasan dunia(harta benda) dengan berbagai macam pernak –perniknya; justru hal ini akan semakin menguras waktu, tenaga, dan kantong kita..

Karena pada umumnya; semakin tinggi nilainya sebuah perhiasan dunia(harta), maka secara naluri manusia akan semakin kuat kecenderungannya untuk menjaga dan mencintainya(perhiasan dunia) artinya ada energy tambahan yang diperlukan.

Berbeda dengan ilmu, karena justru ilmu yang akan menjaga kita, bukan kita yang menjaga ilmu. Contoh : Secara naluriah kita akan merasa takut dan bingung ketika kita tersesat di hutan. Akan tetapi, jikalau kita mengetahui bagaimana caranya bertahan di hutan dengan baik; Maka kemungkinan tingkat keberhasilan bertahan dan di temukan semakin lebih tinggi.

Coba bandingkan dengan harta; Kita pasti akan terus berusaha menjaganya apalagi kalau mempunyai nilai harga yang tinggi. Semakin mahal harga sebuah gadget, maka kita akan semakin merasa paranoid; apalagi ketika berada di angkutan umum seperti: Kopaja, Metro mini dll.. intinya perhatian kita akan terpusat dalam menjaganya(harta); bukan terjaga olehnya(harta).

Saya hanya coba mengajak.. mari investasikan uang kita dalam ilmu pengetahuan; Karena investasi dalam ilmu pengetahun merupakan salah satu investasi yang selalu mendatangkan keuntungan. (Insya ALLAH)

Mari penuhi perhiasan rumah kita dengan sarana ilmu pengetahuan,…

The IoF

4 thoughts on “Perpustakaan Pribadi

    prajuritillahi said:
    November 6, 2012 at 11:02 pm

    emang sebaik-baik perhiasan dunia itu apa sih kak?

      arkannr responded:
      November 7, 2012 at 6:44 am

      Ini pertanyaan?? apa sindiran yah.?? hehehe🙂

      “Dunia adalah perhiasan (kesenangan) dan sebaik-baik perhiasan (kesenangan) dunia adalah wanita (istri) shalihah.” (HR.Muslim dari Abdullah bin Amr bin Al-Ash)..

        prajuritillahi said:
        November 7, 2012 at 8:52 am

        owh, jadi buku belum sebaik-baik perhiasan ya?😀

    arkannr responded:
    November 7, 2012 at 9:26 am

    Buku itu kan sarananya, perhiasaannya tetap seperti yang saya bilang di atas..
    gmn kapan kamu mau carinya..??(pertanyaan untuk diri sendiri juga) 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s