Kumpul Bareng

Posted on Updated on

Kumpul Bareng

Bulan syahwal memang menjadi momentum yang bagus untuk berkumpul bersama, tidak hanya sanak saudara, tetapi hal ini juga berlaku untuk teman sepermainan. Nuansa lebaran yang masih kental di bulan syahwal, membuat situasi kekeluargaan masih terasa kental.

Nuansa rasa kekeluargaan inilah yang membuat semangat berkumpul bersama menjadi begitu kuat, disamping bisa berbagi cerita, kita juga bisa berbagi pengalaman hidup.

Tidak terasa waktu terus berputar dan berjalan tanpa diminta. Seiring berjalannya waktu banyak dari para sahabat saya yang tumbuh dan mengambil peran kehidupannya masing – masing. Salah seorang diantara kawan tersebut ada yang sudah menjadi seorang ayah, Salah seorang lagi juga ada yang akan segera menggenapkan setengah diennya(agamanya) insya Allah(oktober semoga dimudahkan), sebagian yang lain masih sibuk berencana(masih belum jelas) termasuk juga saya sendiri hehehe….

Iya begitulah kehidupan, perubahan itu bagian dari dinamisasi di dalamnya, awal pertemuan kita sekitar 8 tahun yang lalu. Jikalau flashback sekitar 8 tahun yang lalu mungkin akan terlihat beberapa perubahan yang terjadi, terutama dari segi fisik yang memang mudah terlihat. Sekarang ini, Alhamdulillah banyak yang sudah maju(perutnya maksudnya) alias gemuk hehhe.. terutama bagi kawan yang sudah menikah. Saya juga tidak tahu apakah  mitos itu benar,??? Mereka bilang jikalau sudah menikah, maka badan akan menjadi membesar(gemuk).?? Mitos ini benar atau tidak saya tidak tahu, karena memang belum membuktikannya. Hehehe…

Pembicaraan kami berlanjut mulai dari kesibukan sehari – hari yaitu pekerjaan masing – masing dari kita, bahkan sampai kisah cinta salah seorang kawan yang kandas(ga apa2 namanya juga belum jodoh) :p.

untuk dunia pendidikan, ada dua orang yang sedang melanjuti jenjang pendidikannya(lanjut s2 ), yang pertama seorang pns di kota cilegon sedang menempuh(lanjut s2 – magister ilmu lingkungan), saat ini beliau sedang berupaya menyelesaikan thesisnya(semoga dimudahkan yah), yang kedua(saya sendiri) sedang melanjuti jenjang pendidikannya(lanjut s2 – magister manajemen) berprofesi seorang engineer di perusahaan technology service provider(telco) yang berkantor di kawasan rasuna said – jaksel.

Adapun sejatinya banyak dari mereka yang menginginkan untuk melanjuti jenjang pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Tetapi, mungkin belum untuk saat ini.(semangat yah kawan2..)

Ada  hal  menarik dari pertemuan ini yang sedikit – banyak membuka cakrawala berpikir saya mengenai keran tambahan untuk pemasukan keuangan(income). Banyak diantara kami pada umumnya adalah seorang pegawai, oleh sebab itu demi menambah pemasukan guna menggapai kehidupan yang lebih baik, memang seharusnya memiliki pemasukan tambahan(bisnis sampingan).

Salah seorang kawan bercerita dari pemasukan tambahannya dia bisa mendapatkan motor mio(wow lumayan), pemasukan tambahan ini bisa dia dapat tanpa menggangu penghasilan utamannya(pekerjaan). Mungkin sekarang ini lebih popular disebut bisnis sampingan. Hhmm.. dalam hati saya berkata(kaya lagu aja) menarik juga nee.. untuk dipelajari.ghehe

Kawan saya bercerita dia mempunyai bisnis sampingan sebagai internet marketer(bisnis online), sebuah usaha yang tidak banyak membutuhkan modal,waktu, dan tempat. Karena cukup bermodal akses internet, dan tentu saja membutuhkan sarana seperti (laptop atau komputernya).

Sebetulnya menjadi seorang internet marketer itu bukan sesuatu yang asing di telinga saya, tetapi kawan saya membuktikan dari hasil yang didapat sekarang kawan cukup menarik perhatian saya. Apalagi untuk saat ini pekerjaan saya adalah pekerjaan yang tidak bisa lepas dari akses internet dan laptop, apalagi saya juga bisa bekerja dari rumah dengan me-remote system yang ada.

Seorang kawan berupaya meyakinkan bahwa kondisi(pekerjaan) saya saat ini adalah merupakan kondisi idel untuk memiliki bisnis sampingan seperti bisnis online(internet marketing). Akhirnya, saya putuskan dengan kondisi  ini saya akan coba memaksimalkan potensi yang ada. Toh, bisnis online tidak membutuhkan biaya besar, hanya butuh sedikit trik(teknikal), memperluas relasi, mencari potensi yang bisa di jual kepasar bebas internasional tanpa batas(internet).

Luar biasa hikmah dari pertemuan ini, selain melepas rindu, saling memaafkan, ternyata juga ada inspirasi yang berharga. Robert Tkiyosaki penulis best seller mengatakan uang itu adalah tentang ide. Jadi, uang itu bagian dari ide artinya ide(inspirasi) itu merupakan awal keran pemasukan(income) yang akan kita dapatkan.

Salah satu motivasi saya untuk mencari penghasilan tambahan adalah agar di kemudian hari saya bisa semakin banyak bersedekah, menolong orang lain, membantu orang lain. Hal itu juga tidak lain juga sebagai sarana saya untuk pulang ke kampung akhirat suatu saat nanti..Jadilah orang yang memiliki harta yang banyak agar kelak harta yang banyak itu bisa juga bermanfaat untuk orang banyak (petuah dari tua saya).

Akhirnya, penutup saya sedikit cantumkam hadits Rasulullah mengenai khasiat menjaga silaturahim dan keutamaanya. Walaupun hadits ini di ucapkan oleh seseorang sekitar 1400 tahun yang lalu akan tetapi, sampai saat ini para pebisnis diseluruh dunia masih mempraktekannya, bahkan banyak sekali buku bisnis mengenai hal ini yaitu keistimewaan menjaga networking(silaturahim).

Sabda Rosulullah.

“Barang siapa yang senang untuk dilapangkan rejekinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturahim.”

Shallallahu ‘ala Muhammad

tHe Iof

Leave a Reply

