Pulang Kampung(Lebaran)

Posted on Updated on

Pulang kampung merupakan bagian dari agenda silaturahim di bulan syahwal, alhamdulillah pada hari lebaran idul fitri 1433 hijriyah kami sekeluarga  berkesempatan untuk berkunjung ke kampung kelahiran dari ibunda saya.

Nama daerahnya adalah bayah sebuah kampung yang letaknya berada di sekitar ujung kulon. jika melalui perjalan darat  daerah ini bisa di tempuh dengan lima jam perjalanan dari kota tangerang, daerah ini masih terbilang cukup indah, karena masih terlihat asli dari segi alam dan budayanya.

Pada saat ini  kedua kakek – nenek saya sebetulnya sudah tidak ada(baca:meninggal), akan tetapi kami sekeluarga memutuskan berangkat pada hari raya lebaran ke tanah bayah ini dalam rangka silaturahim ke tanah leluhur.

Karena kakak dari ibunda saya masih tinggal di desa ini, jadi sebagai kakak tertua dari keluarga ibu saya, memang sudah sepantasnya beliau(kakak dari ibu saya) untuk di kunjungi.

Bayah bagi ibunda saya merupakan daerah yang istimewa karena Sekitar 54 tahun yang lalu di daerah inilah ibunda saya di lahirkan, bisa juga dikatakan bahwa daerah ini merupakan tanah leluhur bagi saya.

Kecamatan bayah ini merupakan bagian dari kabupaten lebak, sebuah daerah yang terletak di provinsi Banten.  Daerah ini mempunya objek wisata yang tidak kalah indah bahkan dengan Bali sekalipun. Namun, sangat disayangkan infrastrukturnya masih belum bagus, jalan – jalan menuju objek wisatanya masih banyak yang rusak.

Bahkan daerah saketi yang merupakan akses jalan menuju desa bayah dari arah pandeglang, memiliki tingkat kerusakan jalan yang sangat parah. Harusnya pemerintah daerah provinsi Banten bisa mengoptimalkan objek wisata ini dengan memperbaiki infrastruktur dan memasarkan objek wisata ini dengan baik.

Sisi lain yang menarik dari desa bayah ini adalah masih bersihnya udara dan kondisi desa yang sangat nyaman untuk merasakan situasi yang menyatu dengan alam.

Beberapa daerah objek wisata yang cukup terkenal diantaranya karang taraje, pulau manuk , dan pantai sawarna. Penampakan dari

karang taraje bayah

Pulau Manuk

Image

Pantai Sawarna
Image

Penampakan penulis(sedikit narsis)
😛

AlhamduliLLAH ‘ala kulli hal.. Walaupun perjalanan mudik sangat melelahkan, tetapi entah mengapa kenikmatan berkumpul dengan keluaga besar menghapus itu semua.

Satu hal lagi, pertanyaan yang paling mengganggu saya ketika berkumpul dengan keluarga besar adalah “pacarnya orang mana”.?? atau “calonnya orang mana.?”. Untuk pertanyaan yang pertama “pacarnya orang mana?” jelas ini pertanyaan yang tidak tepat untuk saya, karena memang dari dulu tidak tertarik untuk pacaran.

Untuk pertanyaan kedua “calonnya orang mana.?” jelas ini lebih sulit untuk di jawab, karena memang saat ini belum ada(Masih Ghoib), jawaban paling diplomatis yang bisa saya lakukan mungkin hanya tersenyum dan mengatakan doakan saja segera.

Adalah hal yang wajar pertanyaan tersebut ditanyakan karena banyak dari sepupu yang seumuran memang sudah berkeluarga, walaupun sebetulnya agak sedikit mengganggu karena seringkali ditanyakan.

Akhir kata, karena masih dalam suasana lebaran, saya ingin mengucapkan Taqabalallahu minna wa minkum

tHe IoF

2 thoughts on “Pulang Kampung(Lebaran)

    Luri said:
    August 26, 2012 at 2:37 am

    iy gan… ane juga kmaren lebaran pulang kampung ke daerah cikotok-bayah. tiap taun ane pulkam gan.. soalnya itu tanah kelahiran ane.

    Kemarin sempet maen juga ke sawarna, karang taraje, pulo manuk dan daerah sekitar situ… Alhamdulillah menyenangkan.

      arkannr responded:
      August 26, 2012 at 10:24 am

      iya memang luar biasa indah bayah daerahnya,tetapi dangat disayangkan sampai saat ini infrastrukturnya(jalan dari saketi – malimping) masih sangat rusak. padahal potensi wisata alamnya bagus banget klo dioptimalkan…

      Salam Kenal yah..

Leave a Reply

