Itulah Menariknya Jodoh

Posted on Updated on

Akhirnya menulis kembali setelah sekian lama terbengkalai karena sedang di hadapkan dengan berbagai kesibukan yang cukup menyita waktu. Tetapi insya ALLAH kesibukannya adalah kesibukan yang berkutat dengan kebaikan, bukan kesibukan yang bergemelut dengan kesia sia-an. Pada kesempatan  yang berbahagia ini saya ingin berbicara mengenai jodoh karena memang perihal mengenai jodoh itu menarik.

Kita akan menemui berbagai macam keunikan serta keajaiban –keajaiban yang secara sadar sulit di mengerti akal manusia jika berbicara mengenai jodoh.  Hal ini lah yang kemudian membuktikan rendahnya daya jangkau otak manusia dalam memahami proses kerja dari skenario yang sudah ditentukan dalam kitab Lauhul Mahfuz.

Pasangan hidup atau jodoh adalah sesuatu yang sudah di tentukan ketika seseorang berada dalam alam Rahim sebelum di lahirkan. Pemahaman yang baik mengenai jodoh akan menghantarkan orang dalam menjemput sang kekasih hati dengan jalan yang baik dan benar menurut syariat. Karena keyakinan kuat yang lahir dari pemahaman yang baik, akan memantabkan seseorang dalam proses pencariannya.

“Dari Abu Abdurrahman Abdullah bin Mas’ud radiallahuanhu beliau berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam menyampaikan kepada kami dan beliau adalah orang yang benar dan dibenarkan : Sesungguhnya setiap kalian dikumpulkan penciptaannya di perut ibunya sebagai setetes mani selama empat puluh hari, kemudian berubah menjadi setetes darah selama empat puluh hari, kemudian menjadi segumpal daging selama empat puluh hari. Kemudian diutus kepadanya seorang malaikat lalu ditiupkan padanya ruh dan dia diperintahkan untuk menetapkan empat perkara : menetapkan rizkinya, ajalnya, amalnya dan kecelakaan atau kebahagiaannya…….”

Hadits ini diriwayatkan Al Bukhari pada bab awal penciptaan No,3036. Shahih Muslim No. 2643.

Dalam muatan hadits diatas salah satunya berbicara mengenai rezeki yang sudah ditentukan bahkan ketika masih di dalam kandungan. Para ulama menafsirkan rezeki sama halnya seperti juga jodoh. Jikalau kita berbicara mengenai rezeki dalam kajian ustdz salaim A Fillah menjelaskan bahwasanya seseorang itu selama hidupnya akan terpenuhi semua rezeki yang sudah ditetapkan untuknya sampai dia meninggal.

Pengertian rezeki juga unik, sesuatu hal itu bisa disebut rezeki untuk kita, jika dan hanya jika kita merasakannya secara langsung. Contoh kasus seseorang yang mempunyai rekening 10 milyar di tabungannya, tetapi sampai dia meninggal dia tidak sempat menikamati uang 10 milyarnya dan uang itu tetap berada di  dalam rekeningnya. Nah, bisa di katakan bahwa uang 10 milyar di dalam rekeningnya itu bukan rezekinya; Boleh jadi uang itu rezeki ahli warisnya yang di titipkan lewat pemilik rekening 10 milyar yang meninggal itu.

Begitu juga jodoh Salim A fillah mengatakan bahwasanya jodoh itu tidak hanya ketika berada di dunia. Ternyata di akhirat juga ada jodoh yang telah disiapkan untuk masing2 kita.

Ada juga beberapa dalil di alquran yang mengatakan bahwasanya manusia itu di ciptakan berpasang – pasangan

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir” (QS. 30 : 21).

“dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita”. (QS.53:45)

“Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah”. (QS 51:49)

Ilmu ditambah dengan keyakinan yang benar mengenai hal ini akan membuat kita lurus dalam melangkah. Karena dewasa ini begitu banyak realita yang kita temukan muda- mudi pada jaman sekarang ini salah dalam melangkah. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya ilmu dan keyakinan terhadap takdir ALLAH Ta’ala.

Pembuktian mengenai takdir jodoh ini begitu sangat menarik dalam kehidupan nyata. Ada berbagai cerita yang mungkin bisa di ambil hikmah sebagai penguatan dalam keyakinan kita dalam memahami takdir yang ALLAH Ta’ala telah rancang untuk masing – masing dari kita.

Seseorang secara naluriah akan memilih jodoh yang sederajat baik secara ilmu, fisik, kedudukan dan materi dalam memilih jodoh. Kisah – kisah nyata yang mencengangkan berikut ini, membuktikan bahwa jodoh tidak di tentukan oleh naluri alamiah seseorang.

Kisah menarik ini di alami oleh orang yang saya kenal; dari segi fisik orang ini termasuk kategori biasa saja. Orang ini juga bukan seorang aktifis walaupun pernah sempat aktif. Orang ini juga bukan seorang pebisnis yang handal, karena dalam berbagai bisnis yang dicobanya sering gagal; bahkan sempat ditinggal rekan bisnisnya karena di anggap kurang professional.

Apalagi berbicara prestasi akademik terlalu jauh rasanya. Kuliahnya saja di selesaikan selama hampir batas waktu maksimal yang di tentukan oleh kampus(7 tahun), dengan nilai akhir yang jauh dari kata memuaskan. Nah, sekali lagi itulah menariknya takdir jodoh, walaupun belum berpenghasilan tetap(masih subsidi orang tua) ternyata orang seperti ini pun bisa mendapatkan jodoh dengan profesi ideal yang dicari banyak orang; sebuah profesi kemanusian yang terhormat, jodohnya pun seorang yang cukup terjaga.

Secara logika manusia orang pasti akan bertanya, kok bisa??? iya bisa saja, karena begitulah uniknya takdir jodoh.

Tidak hanya itu, coba amati ucok baba. Dia memiliki Ukuran badan yang sangat kecil, bahkan untuk ukuran di Indonesia sekalipun. Tetapi, ternyata ukuran tubuhnya tidak menghalangi takdir jodoh yang berlaku untuknya. Karena istirnya seorang yang secara fisik sangat normal dan mempunyai fisik yang menarik, selain itu lengkap sudah kebahagian mereka berdua karena telah dikarunia seorang anak. Secara logika manusia orang pasti akan bertanya, kok bisa?? Iya, Begitulah uniknya takdir jodoh.

Adalagi kisah menarik, biasanya secara naluriah laki-laki akan memandang fisik pertama kali ketika hendak menikahi perempuan. Tetapi hal ini tidak berlaku untuk takdir jodoh. Ada orang yang saya kenal memiliki seorang istri yang dari segi fisik sulit sekali rasanya untuk melihat sesuatu yang menarik darinya. Padahal, sang lelaki bisa di katakan seorang yang mempunyak tampilan fisik yang lumayan baik. Klo orang melihat mereka berdua jalan pasti mengatakan, kok bisa??? Iya bisa, karena begitulah uniknya takdir jodoh.

Bahkan ada kisah seorang anak penjual susu yang miskin; kemudian di nikahi oleh anak seorang khalifah(raja/pemimpin) karena kejujurannya. Hal ini juga membuktikan bahwa materi dan kedudukan juga tidak bisa menghalangi takdir jodoh. Secara logika manusia orang pasti akan bertanya, kok bisa??? Iya bisa saja, karena begitulah uniknya takdir jodoh.

Ada cerita lain tentang orang yang saya kenal baik. Mereka berdua telah empat tahun menjalin kasih(pacaran), dalam masa itu juga sering terjadi pertengkaran yang menyebabkan hubungannya mengalami putus-nyambung(kaya lagu BBB). Sisi menariknya, ketika sang orang tua wanita meminta ketegasan dari si lelaki untuk menunjukan keseriusan hubungan dalam artian meminta sang lelaki segera  melamar anak gadisnya karena usia mereka berdua sudah cukup dewasa.

Sang lelaki terlihat gusar dan menunjukan ketidaksiapan. Akhirnya, seperti biasa hubungan mereka kembali putus. Tidak lama waktu berselang ketika Ibu sang wanita sedang berjalan – jalan di sebuah Mal, ternyata menemukan si lelaki tersebut telah menggandeng wanita lain. Merasa dirinya dan anaknya telah dipermainkan, Ibu itu pun marah. Hingga akhirnya lelaki itu tidak berani muncul untuk menunjukan batang hidungnya kembali di rumah sang gadis.

Selang 4 bulan dari kejadian itu, datang seorang lelaki lain yang menunjukan keseriusan dan langsung melamar wanita tersebut. akhir dari cerita ini, ternyata wanita tersebut menikah bukan dengan orang yang telah berpacaran selama 4 tahun dengannya. Akan tetapi, justru dia menikah dengan orang lain yang baru saja dikenalnya selama beberapa bulan. Secara logika manusia orang pasti akan bertanya, kok bisa??? Iya bisa saja, karena begitulah uniknya takdir jodoh.

Hampir banyak kisah serupa yang bisa kita temui di dalam realita kehidupan, titik tekan dalam konteks jodoh ini bukan lah rupamu, profesimu atau kedudukanmu. Tetapi hal ini lebih kepada sikapmu dalam perbaikan diri secara terus menerus untuk menyambut seseorang yang sudah di tentukan untukmu yang kemudian akan menjadi indah dan penuh barokah pada waktunya kelak.

Klo saja kita memberikan sedikit waktu untuk merenungi setiap kejadian yang terjadi disekitar kita hal ini secara langsung mungkin bisa menguatkan keyakinan- keyakinan yang ada dalam diri kita. Tentu saja hal itu harus di ikuti dengan ilmu yang mendalam agar benar dalam memaknainya.

Intisari dari kisah yang diceritakan di atas bahwasanya jodoh itu sesuatu yang sudah ditentukan, perkara yang penting bagi kita adalah menjemputnya dengan cara yang baik. Berpacaran dengan durasi waktu yang lama juga tidak menjamin jodoh seseorang, bahkan yang mengerikan terjadi akhir- akhir ini justru karena pacaran itulah banyak terjadi kehamilan diluar nikah nauzubillah. 

Dalam konteks ini tentu saja yang banyak di rugikan pihak wanita, parahnya kebanyakan lelaki  tidak mau mengakui dan tidak mau bertanggung jawab, jikalau sudah terlanjur kejadian.. nah looo.. !!! makanya ippho “right” sentosa bilang seganteng dan sekaya apapun lelaki yang mendekati klo tidak berani menyebutkan kapan dia akan melamar maka jauhi saja.. right..??(gaya khas ippho)

Karena pasangan laki dan perempuan bisa di sebut jodoh itu apabila telah di ucapkan ijab Qabul akad nikah,mitsâqan ghalidzâ alias perjanjian yang kokoh. pernjanjian yang bisa membuat yang haram menjadi halal dan berkah. Sallim A Fillah juga mengatakan lebih baik membangun cinta setelah pernikahan dari pada jatuh cinta sebelum menikah. karena ketika jatuh cinta sebelum menikah  rentan timbul kecewa, klo ternyata pada akhirnya orang yang kita cinta bukan jodoh kita.

Gimana?? sepakat semua.??? mari kita jemput jodoh kita dengan jalan yang benar dan sesuai syariat. klo ada yang kemudian bertanya “pacaran boleh tidak??”. saya akan menjawab dengan tegas BOLEH, dengan syarat sesudah menikah hehehe…😀

tHe IoF

9 thoughts on “Itulah Menariknya Jodoh

    Anna Puspitasari said:
    September 28, 2012 at 3:08 am

    bacaan ringan yg bermanfaat🙂

      arkannr responded:
      September 28, 2012 at 9:15 am

      alhamdulillah klo tulisan ini bermanfaat..🙂

    rohmatulhidayah1990 said:
    October 18, 2012 at 12:45 am

    Reblogged this on Catatan Perjalanan Hidup.

    Le said:
    March 15, 2013 at 11:43 am

    trimakasih, artikel yg bagus

    danang said:
    June 5, 2014 at 6:49 am

    manteeebbbbbbbb,.

    Danang Suhendra said:
    June 5, 2014 at 7:04 am

    mantebbb.,

    eka said:
    July 1, 2015 at 3:27 am

    bermanfaat banget

    inas erikawa said:
    May 21, 2016 at 11:59 am

    nice 👌👍

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s