Malu lah kita, jika merasa berilmu luas..

Posted on Updated on

Ibnu Abbas dengan julukan Turjumanul Qur’an (juru tafsir al-Qur’an), Habrul Ummah ( tokoh ulama umat) dan Ra’isul Mufasirin (pemimpin para mufassir). Baihaqi dalam ad-Dala’il meriwayatkan dari Ibnu Mas’ud yang mengatakan:”Juru tafsir al-Qur’an yang paling baik adalah Ibnu Abbas.

” Abu Nu’aim mriwayatkan keterangan dari Mujahid, “Adalah Ibnu Abb…as di…juluki orang dengan Bahr (lautan) karena banyak dan luas ilmunya.” Ibnu Sa’id meriwayatkan pula dengan sanad shahih dari Yahya bin Sa’id al-Ansari: Ketika Zaid bin Sabit wafat Abu Harairah berkata:”Orang paling pandai umat ini telah wafat, dan semoga Allah menjadikan Ibnu Abbas sebagai penggantinya.”[5]

Ubaidillah bin Abdullah pernah mengatakan: “ Tidaklah aku menyaksikan orang alim yang duduk bersama Ibnu Abbas kecuali ia merendahkan diri terhadap Ibnu Abbas. Dan tidaklah aku melihat orang yang bertanya kepada Ibnu Abbas kecuali ia akan mendapatkan ilmu dari jawaban Ibnu Abbas”.

“Ibnu Abbas r.a pernah berujar,”Aku termasuk orang yang berilmu luas.” Pada kesempatan berikutnya, ia berkata, Tanyakanlah kepadaku sebelum tiada!” ketika ia sudah pulang, Allah Ta’ala.mengirimkan malaikat dalam rupa manusia. Sang malaikat me-ngetuk pintu rumah Ibn ‘Abbas. Ia pun keluar.

Malaikat bertanya, “Wahai Ibn ‘Abbas,apa pendapatmu tentang semut kecil itu? dimanakah ruhnya? dibagian depan atau bagian belakang? Ibn ‘Abbas tidak bisa menjawab.” Akhirnya, ia masuk kedalam rumah dan menutup pintu. Ia berjanji kepada dirinya untuk tidak merasa berilmu

Allah SWT berfirman,”di setiap orang yang berpengetahuan, ada zat yang maha mengetahui QS: yusuf:76″”

dalam buku air mata cinta pembersih dosa karya Ibn al-Jawzi.

Seorang Ibnu Abbas yg mempunyai keutamaan banyak sekali dalam keilmuaan. Bahkan umar dan ali sering menjadikan ibnu Abbas menjadi rujukan dalam memecahkan sebuah masalah,..

pernah sesumbar bahwa dia mempunyai ilmu yg luas, beruntung ALLAH Ta’ala mengingatkannya..

semoga hal ini bisa mengingatkan kita. janganlah pernah merasa menjadi orang yg berilmu luas dan bnyak..

tHe Iof

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s